oleh

Umar Ahmad Harap Tradisi Literasi Jadi Bagian Kehidupan Masyarakat Tubaba

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Ir H Umar Ahmad SP, mengharapkan tradisi literasi dapat menjadi bagian kehidupan dari masyarakat setempat.

Hal itu diungkapkan bupati pada acara Diskusi Literasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Surat Kabar Harian Lentera Swara Lampung, yang diselenggarakan di Balai Sesat Agung Komplek Islamic Center setempat, Selasa (30/11).

Menurut bupati, pentingnya peran literasi dalam pembangunan daerah merupakan suatu hal yang tidak dapat dipungkiri, karena literasi merupakan indikator dari sebuah kemajuan suatu peradaban.

“Literasi secara kritis dalam masyarakat demokratis bukan hanya sekedar kemampuan membaca dan menulis saja, tetapi juga memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks atau suatu informasi yang merujuk pada kompetensi atau kemampuan seseorang. Membaca situasi kemampuan kritis juga hal yang perlu kita tumbuhkan,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Ajak Aparatur Kecamatan Beri Pelayanan Terbaik ke Masyarakat

Diterangkannya, bahwa membaca itu memang ada yang ditulis dan ada juga yang dihamparkan atau tersirat, menulis juga bukan hanya menulis di buku tapi menulis di alam juga merupakan sebuah literasi, ini bisa jadi indikator-indikator kemajuuan sebuah peradaban.

Dalam hal sumber bacaan atau tulisan untuk mentradisikan literasi, medianya saat sudah banyak, bahkan melalui internet pun bisa diakses bahan apa yang ingin dibaca.

Baca Juga  Lantaran Cemburu Terhadap Ibu Korban, Andi Habisi Nyawa Bocah Laki-laki

“Yang kita butuhkan saat ini adalah cara bagaimana menumbuhkan tradisi literasi seperti gemar membaca, menulis, menghitung, belajar, dan lain-lain yang berkaitan dengan literasi, agar tradisi literasi itu dapat tumbuh dan tidak membosankan,” tuturnya.

Kata dia, tradisi itu harus dibentuk, agar bukan hanya sekedar tahu, tetapi juga dapat memahami serta mengimplementasikan secara nyata tentang hal-hal kebaikan.

“Melalui kegiatan ini, SKH Lentera Swara Lampung menjadi bagian yang ingin mengajak semua mentradisikan literasi di Tubaba. Sehingga, diharapkan kegiatan ini bisa menggerakkan dan memotivasi kita untuk penumbuhan nilai-nilai budaya literasi khususnya di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai,” imbuhnya.

Baca Juga  Dalam 24 Jam Polisi Ungkap Pelaku Curat di Alfamart

Turut hadir pada kegiatan itu, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, ST, Sekda Ir. Novriwan Jaya, SP, Asisten II Nahkoda, Kepolisian, Dandim, Narasumber Isbedy Setiawan ZS, Bripka. Harianto, jajaran redaksi media SKH Lentera Swara Lampung, dengan peserta dari Penggiat Literasi, Pustakawan Sekolah, Ketua MKKS, para Guru, Anak SMA/SMK, SMP, dan SD. (Arie/Leni)