oleh

Tubaba Seleksi Putra Terbaik untuk Ikuti MTQ Tingkat Provinsi Lampung

Tulangbawang Barat (Netizenku com): Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan menyeleksi putra-putri terbaik asli Tubaba dalam bidang Al-Quran untuk diikutkan dalam ajang lomba Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Lampung yang akan digelar di Kabupaten Mesuji pada November 2022 mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba Novriwan Jaya, melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Nurkholis Majid, mengatakan penyeleksian tersebut akan dilakukan melalui Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada Sabtu 20 Agustus 2022 di Pondok Pesantren Al-Mujadid Kelurahan Daya Murni Kecamatan Tumijajar.

“Hasil Rapat Kerja Daerah Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) hari ini, STQ akan dipusatkan di Ponpes Al-Mujadid Kelurahan Daya Murni, Kecamatan Tumijajar pada Sabtu 20 Agustus 2022,” kata dia, Kamis siang (11/8).

Baca Juga  Tak Serahkan LPPT, Kepalo Tiyuh Patut Dicurigai

Menurutnya dalam STQ tahun ini, para peserta seleksi merupakan putra-putri asli Tubaba utusan dari setiap kecamatan dari 9 kecamatan di Tubaba yang telah dilakukan seleksi terlebih dahulu di tingkat kecamatan.

“Masing-masing kecamatan akan mengirim kafilah untuk mengikuti seleksi di 9 cabang perlombaan, yakni musabaqoh hifdzil Quran, qiraatul Quran, khattil Quran, fahmil Quran, syarhil Quran, tafsir Quran, pembuatan karya ilmiah, dan tartil Quran,” ulasnya.

Hasil seleksi tingkat kabupaten ini, lanjut Nurkholis, para pemenang lomba akan dilaporkan ke Pemprov Lampung paling lambat tanggal 26 Agustus 2022 dan didaftarkan menjadi peserta MTQ tingkat Provinsi Lampung mewakili Kabupaten Tubaba.

Baca Juga  Berkunjung, Bupati Ajak IKA Unpad Lampung Kunjungi Ikon Tubaba

“Paling lambat 26 Agustus hasilnya sudah kita laporkan ke Pemprov Lampung,” ujarnya.

Menurut Nurkholis, Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ini dilakukan bukan hanya sekedar seremonial lomba tetapi lebih untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Quran.

“Tapi, memang tujuan utama STQ ini untuk memilih peserta terbaik dari Tubaba yang akan diikutkan dalam MTQ Tingkat Provinsi Lampung tahun 2022. Kita bangga dengan prodak Asli Tubaba, kami pastikan tidak ada yang ngeBon dari daerah lain. Semoga nanti STQ ini dapat berjalan maksimal dan kita mendapatkan peserta terbaik,” tukasnya.

Baca Juga  Jembatan Jebol Berbulan-bulan, Dinas PU Minta Warga Sabar

Sementara, dalam Rakerda LPTQ yang dilaksanakan di Gedung Haji Kementerian Agama Kabupaten Tubaba di Kelurahan Panaragan Jaya, memutuskan Kecamatan Batu Putih menjadi tuan rumah kegiatan Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Tubaba tahun 2023 mendatang.

“Tahun depan kita merencakan kembali menggelar MTQ tingkat kabupaten, dan lokasinya sudah diputuskan di Kecamatan Batu Putih. Semoga usulan kegiatan ini dapat disetujui oleh pimpinan dan DPRD,” tutupnya. (Arie/Leni)