Tubaba Boyong Lima Penghargaan Program SIKOMANDAN

Leni Marlina

Kamis, 30 November 2023 - 20:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku com): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) berhasil memboyong lima penghargaan terkait kinerja dalam menyukseskan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) dan Penandaan Pendataan Ternak Tahun 2023.

Penghargaan yang diraih Pemkab Tubaba yakni kategori Kabupaten dengan Kinerja Program Penandaan dan Pendataan Ternak Terbaik I se-Lampung Tahun 2023, Kabupaten dengan Kinerja Program SIKOMANDAN Terbaik I se-Lampung Tahun 2023, Kabupaten dengan Kinerja Pelaporan Lahir Ternak Terbaik II se-Lampung Tahun 2023, Kabupaten dengan Kinerja Pelaporan dan Verifikasi Program Penandaan dan Pendataan Ternak Terbaik II se-Lampung Tahun 2023, serta Kabupaten dengan Kinerja Pemeriksaan Kebuntingan (PKb) Program SIKOMANDAN Terbaik I se-Lampung Tahun 2023.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, kepada Pemkab Tubaba saat Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi SIKOMANDAN dan Penandaan Pendataan Ternak Provinsi Lampung, yang berlangsung di Ballroom Hotel Golden Tulip, Bandarlampung, Rabu (29/11).

Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M Firsada, M.Si mengungkapkan, perolehan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan sinergisitas antar bidang pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan diimplementasikan petugas lapangan sebagai ujung tombak, serta instansi terkait dengan berkolaborasi bersama masyarakat khususnya para peternak.

“Dengan adanya penghargaan ini menunjukkan bahwasannya Kabupaten Tulangbawang Barat, baik dinas maupun stakeholders terkait mampu mendukung peningkatan populasi serta produksi sapi dan kerbau di Provinsi Lampung,” ungkap drh. Nazaruddin, MM, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tubaba saat mewakili bupati pada kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk menyukseskan program SIKOMANDAN, yaitu memanfaatkan teknologi inseminasi buatan, dengan menggunakan semen unggul (straw), bukan saja dapat meningkatkan potensi genetik dari turunannya tetapi juga dapat mengoptimalkan produksi ternak menjadi lebih nyata.

Baca Juga  Orang Tua Kontak Erat Pasien 012 Positif Covid-19

“Teknologi ini perlu diterapkan dan disosialisasikan kepada peternak dan pelaku agribisnis peternakan,” katanya.

Selain itu, melalui kegiatan penandaan dan pendataan ternak dimasyarakat, dapat mendukung optimalisasi pelaksanaan SIKOMANDAN dan vaksinasi terhadap hewan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah populasi hewan, status reproduksi, dan distribusi melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

“Berdasarkan hasil penandaan dan pendataan ternak tahun 2023 diperoleh populasi ternak sapi Tubaba berjumlah 29.284 ekor,” sebutnya.

Populasi ternak di Tubaba, lanjut dia, sejalan dengan rencana daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat kedepan akan dijadikan sentra ternak atau wilayah sumber bibit.

“Untuk merealisasikannya, maka diperlukan perhatian besar dalam rangka menyukseskan rencana tersebut, salah satunya dengan mengoptimalkan program SIKOMANDAN dan Penandaan Pendataan Ternak,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Tubaba Ajak Kepolisian dan Kejaksaan Rapat Pengelolaan DD

Dalam Rakor tersebut, Arinal menyebutkan, target populasi ternak sapi dan kerbau di Lampung bisa mencapai satu juta ekor pada tahun 2025. Saat ini, populasi sapi dan kerbau di Lampung telah mencapai 916 ribu ekor dengan produksi daging 21 ribu ton.

“Kita optimis tahun 2025 populasi ternak sapi dan kerbau kita berada pada angka satu juta ekor. Kita mampu mewujudkan itu,” kata Arinal.

Menurutnya, Lampung memiliki sumberdaya dan potensi untuk menjadi lumbung ternak nasional. Karena itu, ia berharap melalui Rakor tersebut bisa menjadi ajang evaluasi dalam pelaksanaan program-program pemerintah, khususnya dalam peningkatan populasi ternak.

“Tentunya ini juga didukung dengan kebijakan serta anggaran yang bersinggungan langsung dengan peternak. Salah satunya program SIKOMANDAN,” jelasnya. (Arie)

Berita Terkait

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik
Firsada Tinjau Kesiapan Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Pemilu
Kapolres-Forkopimda Tubaba Cek Ketersediaan Sembako Jelang Ramadhan
IOH-Lintasarta Jalin Kerja Sama Strategis dengan Pemkab Tubaba
Pj Bupati Pringsewu Salurkan Bantuan Pangan Beras di 2 Kecamatan
Diskeswan Tubaba Sekolah Lapang Pembibitan Hewan Ternak Ruminansia
Puluhan Wartawan Tubaba Bertolak Hadiri HPN di Jakarta
Firsada Tinjau Pemilu Serentak di TPS

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:42 WIB

Gubernur Arinal Gaet Investor Tingkok

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:36 WIB

Pemprov Lampung Rakor Penanganan Dampak Banjir

Berita Terbaru

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika melantik Marindo Kurniawan. Foto: Luki.

Lampung

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Jumat, 1 Mar 2024 - 15:24 WIB

Tulang Bawang Barat

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik

Jumat, 1 Mar 2024 - 13:09 WIB