BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) kembali nol kasus positif Covid-19, ini lantaran telah sembuhnya tiga orang pasien yang dirawat dan diisolasi di RSUD setempat.

Ketiga pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh tersebut merupakan satu keluarga warga Tiyuh Kibang Trijaya, Kecamatan Lambu Kibang. Ketiganya yakni Ny. RS (22) pasien 12,  Tn. S (45) pasien 13, dan Ny. E (41) pasien ke-14.

Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril, S.Kep.Ns, MM, mengatakan ketiganya dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali hasil pemeriksaan swab tanggal 13 dan 14 September 2020 oleh Laboraturium RSUD Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

“Setelah mendapatkan perawatan intensif dengan penatalaksanaan penyembuhan Covid-19 dan diisolasi di RSUD Tubaba, berdasarkan dua kali uji swab terakhir, keduanya negatif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh oleh tim medis RSUD Tubaba,” kata dia, kepada Netizenku.com, Selasa (15/9).

Majril menjelaskan, setelah dinyatakan sembuh, ketiganya dipulangkan ke rumahnya di Tiyuh Kibang Trijaya, namun tetap diharuskan mengisolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

“Mereka hari ini sudah pulang ke rumahnya, termasuk bayi, anak Ny. R yang kita rawat di RSUD Tubaba. Setelah ketiganya dinyatakan sembuh, saat ini Tubaba nol pasien positif Covid-19, dan dari 14 orang pasien konfirmasi positif Covid-19 di Tubaba, Alhamdulillah semuanya sembuh tidak ada yang meninggal,” ulasnya, sambil mengatakan terkait kesembuhan tiga pasien tersebut, pihaknya juga menunggu rilis resmi dari tim gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Lampung.

Majril juga terus mengimbau agar masyarakat di kabupaten setempat tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

“Mengingat akhir-akhir ini penyebaran penularan Covid-19 secara umum di Indonesia semakin meningkat, dan jumlah kasus positif terkonfirmasi semakin bertambah, mari tetap menjaga kesehatan baik diri pribadi dan keluarga dengan berprilaku PHBS serta menerapkan protokol kesehatan, selalu gunakan masker,” mintanya.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat yang tidak berkepentingan untuk menunda bepergian ke luar wilayah yang masuk ke dalam daftar zona merah, ini sebagai upaya membantu dan mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Yang tidak berkepentingan untuk bepergian ke luar wilayah bahkan masuk ke daftar zona merah, diharapkan untuk ditunda dulu, dan warga yang baru tiba dari zona merah dapat mengisolasi diri secara mandiri terlebih dahulu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutup Majril. (Arie/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here