oleh

Tapping Box Berpotensi Tingkatkan PAD Tubaba

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemasangan Tapping Box (perekam transaksi) di tempat-tempat usaha wajib pajak seperti restoran/rumah makan dan hotel di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) sangat berpotensi dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Pajak, dan Retribusi Daerah (BPPRD) Tubaba, Aria Septajaya Sesunan, melalui Kabid Penagihan, Keberatan, Pajak, dan Retribusi Daerah, Ricky Ridwan, di Ruang Kerjanya, Senin (6/9).

Menurutnya, Pemkab Tubaba telah berupaya memasang 10 tapping box, kesemuanya telah terpasang di RM. Laskar Bang Arie, RM. Alfian Rasa, Bakso Tennes Daya Asri,  Hotel Berugo Cottage, Wisma Asri Tirta Kencana, RM. Siang Malang dan California Fried Chicken (CFC) di Rest Area Way Kenanga, dan Halal Fried Chicken (HFC) Pulung Kencana. Sisanya masih tahap akan dilakukan pemasangan yakni di Bakso Sastro dan RM. Simpang Setia Lintas Timur.

Baca Juga  Pasien Covid-19 Asal Indralaya Utara Meninggal Dunia

“Alhamdulillah dari tapping box yang sudah kita pasang sejak 12 Agustus 2021 hingga hari ini menunjukkan hasil peningkatan pajak yang signifikan hingga empat kali lipat jika dibandingkan dengan sistem manual, walaupun ada beberapa wajib pajak dari record yang kita terima masih nol,” kata dia.

Penggunaan tapping box di tempat wajib pajak tersebut, lanjut dia, ada yang dilakukan secara tapping server, mobile post, dan tapping bluetooth yang terkoneksi langsung dengan server di kantor BPPRD sehingga setiap hari alat tersebut terpantau apakah digunakan wajib pajak atau tidak dalam melayani konsumennya.

Baca Juga  Umar Harap LKKS Pacu Semangat Majukan Masyarakat dan Daerah

“Penggunaan tapping box ini terus kita lakukan evaluasi. Sebab, dalam perjalanan masih ada wajib pajak yang tempat usahanya sudah kita pasangi tapping box ternyata alatnya tidak digunakan, dipermainkan, dan ada yang beralasan tidak digunakan karena konsumen enggan bayar pajaknya. Nah, yang melakukan kecurangan dan bandel ini akan kita beri surat teguran, jika tetap membandel ya kita segel,” tukasnya.

Baca Juga  Tubaba Siapkan Beasiswa 1 Miliar bagi Mahasiswa Politeknik Tunas Garuda

Menurutnya, ke depan Dinas BPPRD akan kembali melakukan pendataan terhadap objek pajak yang belum terdata, dan wajib pajak yang berpotensi, produktif, dan dinilai berpotenai dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tubaba akan kita pasangi tapping box. (Arie/len)

Komentar