oleh

Tahun Depan Lambar Bangun Gedung Budaya

Lampung Barat (Netizenku.com): Tahun 2019 Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan membangun gedung budaya, yang akan berfungsi sebagai arena pertunjukan, edukasi pusat pelestarian dan budaya tradisional.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengatakan, untuk konsepnya menyatukan unsur kebudayaan dan modernisasi. \”Gedung budaya yang akan kita bangun tersebut, harus mencirikan karakter budaya Lampung Barat, termasuk mengadopsi kebudayaan Paksi Pak Sekala Bkhak, yakni Buah Pernong, Buay Belunguh, Buay Bejalan Di Way dan Buay Nyerupa,\” kata Parosil saat ekspose Detail Engineering Design (DED), Kamis (25/10).

Baca Juga  Lambar Perkuat Integrasi Ekonomi Kreatif

Keterlibatan masyarakat adat dalam pembangunan gedung budaya tersebut kata Parosil, dalam rangka menampung aspirasi dan masukan, sehingga gedung budaya itu nanti betul-betul menampilkan karakter Lampung Barat dalam bentuk fisik.

\”Lampung Barat memiliki banyak kekayaan budaya dan itu akan disatukan dalam bentuk bangunan, sehingga gedung yang akan berkapaaitas 1000 penonton itu nanti selain akan kaya fungsi juga akan menjadi sarana edukasi generasi muda,\” harap Parosil.

Baca Juga  Pemimpin Pemerintah dan Adat di Lampung Barat Akan Sambut Ketua DPD RI

Selain akan dibangun gedung budaya di lingkungan perkantoran Pemkab Lampung Barat juga, masih ditahun yang sama juga akan dibangun gerbang pemda dengan ornamen \”culuk langik/atap limas\”, ornamen super, motif celugam serta berbagai unsur budaya lain yang akan mempercantik.

\”Gerbang yang akan kita bangun selain sebagai identitas lingkungan pemerintahan, juga menyatukan unsur budaya, sesuai dengan komitmen Lampung Barat akan melestarikan adat budaya asli masyarakat,\” jelasnya.

Baca Juga  Kepada MB Agus Istiqlal Ungkap Turut Berduka Cita

Untuk gedung budaya akan di bangun model landscape dengan kapasitas 1000 penonton, menyerupai filosofi danau ranau dilengkapi dengan sound system serta taman yang akan menambah keindahan. \”Bentuk bangunan melingkar mengambil filosofi danau ranau, serta akan di percantik dengan keindahan taman, untuk itu saya mengharapkan dukungan dari seluruh unsur masyarakat dalam pembangunan gedung budaya dan gerbang tersebut,\” tandas Parosil yang didampingi Kadis PUPR Lampung Barat Ansari. (Iwan)

Komentar