oleh

Sanggar Seni Setiwang Kembali Raih Juara Umum

Lampung Barat (Netizenku.com): Sanggar Seni Setiwang Lampung Barat (Lambar) binaan Partinia Saka Parosil Mabsus, berhasil mempertahankan prestasi sebagai juara umum parade tari daerah pada event Festival Krakatau 2018, yang di gelar di Taman Budaya Lampung, Sabtu (20/7).

Kasi Atraksi dan Daya Tarik Wisata, Endang Guntoro Canggu mendampingi Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Lambar, mengatakan sangat bersyukur tim tari Lambar mendapat juara umum.

\"\"

\”Alhamdulillah, Lambar pada event tahunan yang diwakili oleh Sanggar Seni Setiwang menampilkan tari \”Lom Pahakh\” mendapatkan beberapa katagori terbaik,\” kata Endang.

Baca Juga  Wisata Lambar Pukau Mahasiswa Unila

Ia yang juga pimpinan produksi tari Lom Pahakh, menjelaskan katagori terbaik yang disematkan pada duta seni Lambar, yakni terbaik I Penata Tari atas nama Ahmad Susantri, penata busana dan rias terbaik I Heni Purnamasari, penata musik terbaik II, Ricard Sambera .

\”Tari Lom Pahakh dinobatkan sebagai penampil terbaik I setelah ditetapkan meraih dua katagori terbaik I dan satu terbaik II, dan Alhamdulillah ini mengulang prestasi yang kita raih tahun lalu,\” kata Endang.

Baca Juga  Pasien RSUDAU Dimudahkan Program PK-PM, RS Pelanduk Hebat

\"\"

Lebih lanjut Endang menjelaskan, acara yang dihadiri Kadis Pariwisata Provinsi Lampung tersebut, tari Lom Pahakh merupakan sebuah garapan tari kreasi baru yg diangkat dari tradisi \”Ngejalang atau Mekhaggah\” yang masih lestari hingga kini di Bumi Sekala Bekhak, yaitu tradisi doa bersama yg digelar di halaman rumah atau di masjid dengan sajian kue dan makanan yg disajikan dengan menggunakan pahakh.

Menurut dia, garapan tari yang mengangkat tradasi asli masyarakat Lambar, menitik beratkan pada peran ibu (ina) sebagai penyedia, pengantar dan sampai \”ngukkos\” atau membereskannya setelah usai bapak-bapak berdoa dan makan bersama, menunjukkan bahwa masyarakat Saibatin begitu kental menganut sistem patrilinial.

Baca Juga  Mukhlis Basri: Bupati Jangan Anti Kritik dan Perbanyak Diskusi

\”Sanggar Seni Setiwang sudah menorehkan puluhan prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional, dan seluruh tarian yang meraih prestasi semuanya tentang adat dan tradisi asli masyarakat Lambar,\” kata dia seraya mengatakan reward dari keberhasilan tersebut Tari Lom Pahakh akan mewakili Lampung pada event tingkat nasional pada 18 Agustis 2018 mendatang di TMII Jakarta. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *