BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Kopi darat (Kopdar) pecinta bonsai Lampung Barat yang tergabung dalam komunitas Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) dan Liwa Bonsai Community (LBC), ternyata menarik minat sejumlah pejabat setempat.

Setelah mendapat kunjungan langsung dari Anggota DPR RI, Mukhlis Basri, Bupati, Parosil Mabsus, Wakil Bupati, Mad Hasnurin, dan Ketua DPRD, Edi Novial, Sabtu lalu. Hari ini Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Barat, Riyadi, terkesima dengan ratusan bonsai yang ditampilkan.

“Bonsai-bonsai ini merupakan karya yang sangat luar biasa indahnya. Kalau melihat begini bisa-bisa saya ketularan hobi bonsai,” kata dia saat melihat secara langsung Kopdar yang dilakukan di Cafe Omah Kayu, Kelurahan Way Mengaku Balikbukit, Senin (27/7).

Dengan melihat semua bonsai yang ditampilkan, merupakan karya seniman bonsai Lampung Barat, artinya kata dia, seniman bonsai setempat sudah “berkelas”, dan dengan kegiatan Kopdar yang tujuan utamanya untuk berbagi ilmu merupakan kegiatan yang positif.

“Alhamdulillah, saya punya kesempatan untuk melihat secara langsung, ternyata seniman bonsai Lampung Barat sudah berkelas. Dan dengan Kopdar ini yang diisi dengan kegiatan berbagi ilmu antar penggemar bonsai, mudah-mudahan ke depan akan menghasilkan karya yang lebih bagus lagi,” kata Riyadi yang baru bertugas di Lampung Barat, didampingi Kasi Pidum, Wisnu Hamboro.

Dia berharap, PPBI dan LBC tidak hanya fokus dalam menghasilkan karya pengerdilan kayu berupa bonsai, tetapi ke depan mempunyai program sosial kemasyarakatan. Sehingga bukan hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi bermanfaat dalam bidang kemanusiaan.

“Seniman bonsai tentu orang yang sabar dan telaten, maka kalau ditambah dengan kegiatan sosial kemasyarakatan, kita akan lebih bermanfaat, bukan hanya untuk menjaga lingkungan, tetapi hidup akan lebih bermanfaat bagi orang banyak,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PPBI Cabang Lampung Barat, Widyatmoko Kurniawan, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah melihat secara langsung kegiatan yang dimulai sejak 24 Juli lalu. Mudah-mudahan Kopdar yang tujuan utamanya sebagai sarana diskusi dan berbagi ilmu, juga sebagai pengobat gagalnya pameran dan kontes yang merupakan agenda tahunan PPBI Lampung Barat.

“Terima kasih pak Mukhlis, pak bupati, wakil bupati, ketua DPRD, Kajari dan masyarakat umum, yang telah melihat langsung karya yang kami hasilkan, mudah-mudahan dengan Kopdar yang kita isi dengan kegiatan diskusi dan berbagi ilmu ini, ke depan akan menghasilkan karya terbaik, sehingga akan mengharumkan nama Lampung Barat,” kata dia. (Iwan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here