oleh

Ruang Isoter Covid-19 Masih Tahap Koordinasi

Bandarlampung (Netizenku.com): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung mengajukan beberapa tempat isolasi terpadu (isoter)guna merawat pasien covid-19 yang tak memiliki gejala.

Kepala BPBD Provinsi Lampung, Rudy Sjawal Sugiarto, menjelaskan bahwa tempat isoter pasien covid-19 yang tidak memiliki gejala ini akan koordinasi dengan BNPB.

“Koordinasi dilakukan terkait dengan operasional penyelenggaraan isoternya,” ujar Rudy, Selasa (15/2).

Beberapa tempat yang akan diajukan untuk menjadi tempat isolasi terpusat ialah Asrama Haji Rajabasa serta beberapa hotel yang sebelumnya sudah pernah digunakan untuk mengisolasi pasien positif covid-19.

Baca Juga  Jokowi Tinjau Vaksinasi di Lampung, Nunik: Pak Presiden tambahin vaksinnya!

“Waktu lebaran kemarin kan ada beberapa tempat yang digunakan yaitu Asrama Haji dan juga beberapa penginapan. Ini yang akan kami ajukan kembalikan untuk bisa dijadikan sebagai lokasi isoter,” terangnya.

Saat ini BPBD lebih fokus terhadap penanganan covid-19 yang ada di Kota Bandarlampung. Hal tersebut lantaran ibu kota Provinsi Lampung ini memiliki kasus aktif covid-19 yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

Baca Juga  Pemprov 'Pray From Home' Lintas Agama

“Meskipun tingkat keterisian tempat tidur rendah tapi kita tetap harus melakukan persiapan. Termasuk dengan kebutuhan biaya, jika nanti tempat nya sudah bisa digunakan maka sudah bisa kita mulai untuk merawat pasien covid-19,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan, sudah ada beberapa daerah yang telah menyiapkan tempat isolasi terpusat salah satunya ialah Kabupaten Lampung Selatan.

“Tempat untuk isolasi terpadu ini disiapkan oleh masing-masing kabupaten/kota. Tidak semua di Dinas Kesehatan,” kata Reihana.

Baca Juga  Sekda Lantik 9 Pejabat Administrator

Sarana isolasi terpadu tersebut disiapkan untuk merawat pasien positif covid-19 yang tidak memiliki gejala serta tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai jika harus melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Pasien yang isolasi mandiri di rumah ini mulai dari tempat tidur hingga tempat mandinya harus berbeda dengan yang lain. Untuk pasien yang tidak memiliki hal tersebut maka bisa melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah,” pungkasnya.(Agis)