oleh

Ponco Nugroho Jabat Ketua Sementara DPRD Tubaba

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Busroni SH, Ketua DPRD Tubaba periode 2014-2019 menyerahkan jabatan ketua kepada Ponco Nugroho, ST yang kini menjabat Ketua Sementara DPRD kabupaten setempat untuk periode 2019-2024. Sementara Busroni kini menjabat wakil ketua sementara DPRD kabupaten setempat.

Penyerahan tersebut ditandai dengan serah terima palu sidang usai pelantikan pengucapan sumpah/janji 30 anggota DPRD periode 2019-2024 yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Menggala Tulangbawang Yunizar Kital Daya.SH.MM dalam Rapat Paripurna Istimewa, Senin (19/8) sekitar pukul 10.00 Wib.

Prosesi pelantikan tersebut dihadiri Bupati Tubaba Umar Ahmad, Wakil Bupati Fauzi Hasan, Sekdakab Tubaba Herwan Sahri, unsur Forkopimda, Komisioner KPU dan Bawaslu, tokoh adat, tokoh masyarakat, keluarga anggota dewan yang dilantik, para camat dan kepalo tiyuh, serta segenap tamu undangan. Pelantikan tersebut dijaga ketat oleh seratusan aparat TNI dan Polri.

Ketua Sementara DPRD Tubaba Ponco Nugroho mengatakan pihaknya diberi mandat oleh Partai untuk menduduki jabatan ketua sementara sampai terbentuknya tata tertib (tatib) DPRD dan alat kelengkapan dewan (AKD) 2019-20.

\”Sebelum terbentuk ketua defenitif, ketua sementara dipimpin oleh partai yang memperoleh suara terbayak hasil Pileg dan Pilpres 17 April 2019,\” kata dia, pada rapat paripurna pelantikan 30 anggota DPRD Tubaba yang digelar di gedung DPRD setempat, Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Baca Juga  Resahkan Warga Tubaba, Pria Diduga Stres Diamankan Polisi

Selaku ketua, Ponco mengucapkan terima kasih dan kebanggaan kepada masyarakat Kabupaten Tubaba yang telah berpartisipasi aktif pada Pemilu serentak 17 April 2019 sehingga pelaksanaan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan aman, sukses, jujur, dan adil. Kesuksesan tersebut tidak terlepas dari kerja keras KPU Tubaba dan pengawasan yang dilaksanakan oleh Bawaslu sehingga tahapan dan pelaksanaan pemilu dapat berjalan sesuai dengan aturan, walaupun dalam perjalanan masih terdapat kekurangan.

\”Kami juga ucapkan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014-2019 yang telah melaksanakan tugas-tugasnya selama 5 tahun dalam rangka memperjuangkan aspirasi, keinginan, dan harapan masyarakat yang sejalan dengan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah,\”terang Ponco yang juga menjabat Ketua DPC PDIP Tubaba.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada bupati dan pemerintah daerah, pihak TNI dan Polri sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman, jujur, dan adil.

\”Selain kami menunggu turunnya rekomendasi dari DPP PDIP untuk jabatan ketua defenitif, dan jabatan wakil-wakil ketua dari partai Demokrat dan Nasdem, kami selaku pimpinan sementara juga menyiapkan terbentukan Tata Tertib (Tatib) DPRD dan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), pelantikan ketua defenitif dan unsur pimpinan di DPRD,\” jelasnya.

Baca Juga  Penerima Program Mantra Tubaba Ditandai

Sementara Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP mengucapkan selamat kepada 30 anggota DPRD Tubaba yang telah resmi dilantik. Hari ini merupakan penanda para anggota dewan dapat berkiprah dan mengabdikan diri sebagai anggota legislatif yang akan memperjuangkan aspirasi, harapan dan keinginan masyarakat dari daerah pemilihan masing-masing untuk 5 tahun mendatang.

\”Selamat atas dilantiknya pada hari ini, semoga amanah sebagai bekal mengabdikan diri untuk masyarakat dan harus berpihak kepada rakyat melalui pembangunan daerah. Mari kita bergandengan tangan dalam membangun dan memajukan kabupaten ini menuju Tubaba yang terdepan, maju, sejahtera, dan berdaya saing,\”kata bupati usai membaca sambutan resmi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Untuk diketahui, penentuan jabatan sementara ketua dan wakil ketua tersebut diatur dalam PP Nomor 12 tahun 2018 tentang Penyusunan Tata Tertib DPRD. Jabatan ketua sementara dijabat oleh partai yang memperoleh suara terbanyak kesatu yakni PDIP sehingga memperoleh 7 kursi, sementara wakil ketua sementara dijabat oleh partai yang memperoleh suara terbanyak kedua yakni Partai Demokrat dan memperoleh 6 kursi di DPRD.

Baca Juga  2019, Usia 0-16 Tahun Wajib Miliki KIA

Sebanyak 30 anggota DPRD tersebut dilantik berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung nomor :G/594/B.01/HK/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat masa jabatan 2019-2024. Mereka yang dilantik yakni Ponco Nugroho,ST, Nadirsyah, Kadarsyah, Sukardi K, Rubiono, Ansyori,SE, Arib Bandarsyah mereka berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selanjutnya Busroni,SH, Paisol,SH, Muammil,S.Ag.,MM, Raden Anwar,SE.,MM, Eka Setiawati,S.Pd.I, Didik Subandrio, mereka bersal dari Partai Demokrat.

Selanjutnya, Joko Kuncoro,S.IKom, Gunawan Agung Kuncoro,SH, Drs. Sobri,MM, Wawan Irawan,S.IP, Sadimin mereka berasal dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Selanjutnya Yantoni, M Redi Setiawan, Dedi Robinsyah,SH, Arya Saputra mereka berasal dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Selanjutnya, Sudirwan,S.Sos, Marzani,SE, Roni, berasal dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Selanjutnya Rusli, dan Asep Priyanto berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN), selanjutnya Hairul Amin dan Ahmad Ridwansyah berasal dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Sugito berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pantau Netizenku.com Prosesi pelantikan berjalan dengan khidmat dan lancar. Usai dilantik bupati, wakil bupati serta seluruh tamu undangan berjabat tangan dengan 30 anggota DPRD dengan memberikan selamat dan foto bersama. (Arie)

Komentar