oleh

Pj Bupati Tubaba-OJK Resmikan Empat Tiyuh Inklusi Keuangan

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Penjabat Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Lampung meresmikan Empat Tiyuh Inklusi Keuangan yang dipusatkan di Balai Tiyuh Marga Kencana, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kamis pagi (15/9).

Empat tiyuh tersebut yakni Tiyuh Marga Kencana di Kecamatan Tulangbawang Udik, Tiyuh Penumangan Baru di Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tiyuh Margo Dadi dan Margo Mulyo di Kecamatan Tumijajar.

Inklusi keuangan merupakan akses terhadap produk dana layanan jasa keuangan yang bermanfaat dan terjangkau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun usahanya dalam hal transaksi, pembayaran, tabungan, kredit dan asuransi yang digunakan secara bertanggungjawab dan berkelanjutan.

Di empat tiyuh tersebut, menurut Zaidirina, dicanangkan sebagai program pemerintah yang dapat membantu mewujudkan ketersediaan akses masyarakat tiyuh ke berbagai lembaga keuangan beserta produk, layanan jasa mereka seperti yang dicanangkan hari ini yakni Desa Nabung Saham, Akselerasi KUR KPB, Agen Laku Pandai, Agen Perisai dan pembiayaan murah TOPS, diharapkan dapat meningkatkan perekomian masyarakat tiyuh.

Baca Juga  Festival Bambu Internasional Tubaba Bawa Pesan Jaga Bambu Nusantara

“Dengan program ini kita harapkan mampu menunjang perekonomian warga. Tentu ini kedepan harus dimanfaatkan, dioptimalkan fungsinya dengan sebaik mungkin sehingga jangan sampai sudah kita dirikan tetapi tidak kita jalankan. Manfaatkan dengan maksimal,” tuturnya.

Zaidirina menambahkan, Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) memiliki peran penting dalam mensosialisasikan dan menjadi pusat program ini di tiyuhnya masing-masing agar masyarakat dapat memahami produk-produk keuangan tiyuh dan layanan jasa keuangannya.

Baca Juga  Tekan Kenaikan Kasus, Tubaba Adakan Rembuk Stunting

Oleh karena, lanjut dia, kemudahan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui OJK kiranya dapat dimanfaat dengan baik. Daripada investasi ke tempat-tempat bodong yang tidak ada pengawasan lebih baik kita belajar bagaimana kita bermain saham, seperti kita ketahui bersama bahwa lembaga keuangan ini sangat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sudah dibuktikan di Lampung Selatan dan sudah berjalan dengan sangat baik karena langsung diawasi oleh OJK. Jika inklusi keuangan kita berjalan dengan baik, literasi keuangan kita berjalan dengan baik maka perputaran uang itu akan sangat cepat,” ulasnya

Baca Juga  2120 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Pemkab Tubaba

Sementara itu kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto menjelaskan, OJK dibentuk dengan tujuan agar seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel.

Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

“OJK memiliki fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan. Kita juga punya tugas untuk memperluas akses layanan keuangan dari sektor jasa keuangan kepada masyarakat. Kami harapkan kegiatan ini akan menjadi salah satu bentuk kolaborasi dari sinergi yang bermanfaat untuk masyarakat di Kabupaten Tubaba,” imbuhnya. (Arie/Leni)