oleh

Penampilan Kerajaan Sekala Bkhak Pukau Penonton

Liwa  (Netizenku.com): Penampilan Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong Lampung Barat dalam kirab pasukan kerajaan nusantara, pada event Festival Keraton Nusantara  (FKN) ke-XII Tahun 2018 yang dipusatkan di Kerajaan Pagaruyung Sumatera Barat, Kamis  (29/11) memukau ribuan penonton.

Seem R Canggu Gelar Raja Duta Perbangsa juru bicara Kepaksian Pernong, menjelaskan pada event tahunan masyarakat adat tersebut, kirab pasukan yang mengambil titik start dari Banteng Fort Van Der Capellen, pada barisan terdepan pasukan istana Silindung Bulan Pagaruyung dan kedua pasukan Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong.

Baca Juga  Parosil Beri Bantuan Pasien Covid-19

\”Alhamdulillah kontingen kita yang berjumlah 250 orang, yang tampil pada barisan kedua, di depan beberapa peserta lain seperti Keraton Keprabonan Cirebon dan Kesunanan Surakarta Hadiningrat, merupakan penampil terbanyak,\” kata Raja Duta Perbangsa.

Selain pasukan Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong yang terpanjang kata Raja Duta Perbangsa, delegasi yang dipimpin langsung PYM Sultan Edward Syah Pernong dan didampingi putra mahkota YM Pangeran Alprinse Syah Pernong, mendapat perhatian karena pakaian kebesaran kerajaan di pakai secara lengkap.

Baca Juga  Diduga Jadi Pengedar Sabu, Polisi Amankan Husin

\”Pasukan kita sangat mencolok selain barisan terpanjang, juga seluruh delegasi menggunakan pakaian kebesaran kerajaan sesuai dengan tingkatan masing-masing secara lengkap, sehingga mendapat aplaus dari ribuan pengunjung,\” kata dia.

Diterangkan Raja Duta Perbangsa, saat melintasi penggung utama, pendekar Putting Beliung yang merupakan pendekar pengawal ring satu Sultan Sekala Brak menampilkan kemampuannya dalam ilmu bela diri Silek Lampung. Para pendekar Puting Beliung ini, juga sempat mendalami ilmu silat di tanah datar pagaruyung selama dua tahun.

Baca Juga  Parosil akan \'Nyambai\' Massal Bersama Ribuan Pelajar

Dalam pasukan tersebut terlihat paling depan  Mayor. CHK. Yafriza Gutubela SH, gelar Dipati Raja Wira Negara yang merupakan \”Penattap Imbukh\”, yang bertugas membuka jalan ketika Saibatin akan melakukan perjalanan ke suatu tempat atau muhibah.

\”Pada FKN XII Tahun 2018 yang akan dilangsungkan hingga 31 November, Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong, mensertakan masyarakat adat yang tersebar pada enam kabupaten/ kota di Lampung,\” tandas Raja Duta Perbangsa. (iwan)

Komentar