oleh

Ingin Dekat Dengan Rakyat, Pemkab Lambar Akan Luncurkan Aplikasi Smart City

Lampung Barat (Netizenku.com): Sebagian masyarakat di Indonesia saat ini adalah pengguna android atau smartphone. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi Pemkab Lampung Barat untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Lampung Barat, Ronggur L Tobing mengatakan, akhir Tahun 2018, Pemkab Lambar akan meluncurkan aplikasi \”Smart City\”, yang berfungsi untuk menyampaikan seluruh program pembangunan.

\”Saat ini pihak konsultan sedang membangun aplikasi Smart City dan menghimpun data dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah, yang kemungkinan selesai akhir bulan ini, dan direncanakan akan di launching bupati pada bulan Desember mendatang,\” kata Ronggur, Minggu (4/11).

Baca Juga  Kolaborasi Polda-Polres Cek Pengamanan Natal 2019 di Wilayah Lambar

Sebagai tahap awal kata Ronggur, pada aplikasi Smart City, akan diimplementasikan delapan aplikasi yaitu tentang bupati kita, ambulance hebat, Damkar Hebat, Sekolah Hebat, info kopi, pupuk hebat, info Liwa, dan Dashboard.

\”Tahap awal ada delapan program yang bisa dilihat langsung pada aplikasi Smart City, dan secara bertahap akan kita kembangkan dalam rangka mempercepat pencapaian Lampung Barat \”kabupaten hebat,\” jelas Ronggur.

Pada aplikasi Smart City yang dapat diunduh dari android dan smartphone, diharapkan bukan hanya sebatas bisa membaca tetapi yang paling oenting adalah terjadi diskusi melalui media tersebut dalam artian pengguna aplikasi smart city bisa menyampaikan ide, kritikan dan masukan kepada pemerintah.

Baca Juga  Amankan Kotak Suara, Jajaran Polsek Bengkunat Rela Berjalan 6 Jam

\”Aplikasi ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam membangun Lampung Barat kedepan, dengan menyampaikan ide cerdas, kreativitas serta berkesempatan untuk mengkritisi kebijakan yang dijalankan,\” ujar Ronggur.

Ronggur menjelaskan dalam aplikasi Smart City, juga akan menjadi lahan promosi pemerintah terhadap semua potensi yang ada, termasuk destinasi wisata yang ada, jadi kalau ada masyarakat luar yang akan berwisata di Lampung Barat cukup mencari informasi dari genggaman atau yang lebih dikenal \”Lampung Barat Dalam Genggaman\”.

Baca Juga  Bupati Lampung Barat Sangat Mendukung Pembangunan SPAM di Kecamatan BNS

\”Jadi kalau ada warga dari luar Lampung Barat akan berwisata, cukup membuka aplikasi smart city, maka akan mengetahui semua yang bisa dikunjungi. Termasuk masyarakat Lampung Barat yang akan mencari informasi tentang pelayanan OPD hingga pekon-pekon juga, diawali dengan melihat berbagai info lengkap dalam aplikasi tersebut,\” tandasnya. (Iwan)

Komentar