oleh

Pemerataan, Tulangbawang Lakukan Terobosan Zonasi Terhadap Guru

Tulangbawang (Netizenku.com): Bupati Tulangbawang, Hj Winarti melalui Dinas Pendidikan tahun ini bakal melakukan pemerataan atau penataan penempatan kerja bagi tenaga pengajar (guru) baik tingkat SD maupun SMP, melalui sistem zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang, Nasaruddin, mengatakan jika Bupati melakukan hal ini guna menertibkan semua guru yang ada di seluruh sekolah Tulangbawang. Khususnya SD dan SMP karena SMA tidk lagi menjadi tanggungjawab Kabupaten.

“Salah satu program khusus yang akan diluncurkan Bupati Winarti yakni akan melakukan pemerataan terhadap seluruh para guru yang berstatus PNS ditingkat SD dan SMP. Karena berdasarkan pendataan, selama ini guru yang berstatus PNS kebanyakan menumpuk di satu lokasi sekolah saja,” kata dia.

Baca Juga  Sunaryo Minta Bupati Anggarkan Perbaikan Gedung Pramuka

Sedangkan sekolah tingkat SD dan SMP lainnya khususnya yang ada di daerah pedalaman bukan saja terjadi kekurangan guru akan tetapi kesulitan belajar lantaran guru yang ada harus mengajar rangkap mata pelajaran dikarenakan guru tidak ada.

Nasaruddin menjelaskan, keadaan tersebut semakin diperparah lantaran hal tersebut bukan saja terjadi di sekolah tingkat SD dan SMP di satu atau dua Kecamatan saja. Namun, terjadi hampir rata di 14 Kecamatan Tulangbawang yang notabene memiliki anak didik yang cukup banyak.

Baca Juga  Pemkab Tuba Selektif dengan LSM dan Ormas

\”Bagaimana tidak begitu, hampir semua guru yang berstatus PNS semuanya banyak mengajar di pusat perkotaan Tulangbawang yakni Kecamatan Menggala sehinga hasilnya numpuk di tempat satu,” jelasnya.

Oleh karena itu Nasaruddin menegaskan selain memaksimalkan potensi anak didik serta meningkatkan dunia pendidikan di Tulangbawang ke depan serta sesuai petunjuk kementerian Pendidikan RI terkait program di dunia pendidikan.

Baca Juga  Pekan Depan, Pemkab Tuba Umumkan Penerimaan CPNS

Maka, lanjut Nasaruddin, dengan merujuk hasil kesepakatan baik Pemkab Tulangbawang dengan Kementrian Pendidikan RI maka seluruh guru tingkat SD dan SMP yang berstatus PNS di Tulangbawang akan di lakukan penataan, penempatan serta pemindahan tempat mengajar.

\”Jadi semua guru akan kita tata dan pindahkan sesuai zonasi yang kita pilih nantinya, tujuannya selain semua guru PNS rata mengisi semua sekolah juga agar aktivitas belajar dan mengajar anak didik bisa berjalan sesuai bagaimana mestinya demi kemajuan dunia pendidikan Tulangbawang kedepan,\” imbuhnya. (Armadan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *