BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com):
Pasangan calon bupati dan wakil bupati Lampung Timur nomor urut 3 Dawam Rahardjo–Azwar Hadi (DA-DI), akan buat terobosan baru untuk mengurai permasalahan yang selama ini dialami masyarakat petani.

Hal itu disampaikan untuk menjawab pertanyaan pasangan calon nomor urut 1 Yusran Amirullah–Beny Kisworo, yang menanyakan tentang bagaimana upaya paslon nomor 3 untuk mengatasi anjloknya harga jual hasil panen para petani, pada sesi debat publik pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Lampung Timur yang digelar Komisi Pemilihan Umum setempat, di Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Sabtu (07/11) malam.

Pasangan DA-DI menyampaikan, upaya paslon nomor 3 untuk mengatasi anjloknya harga jual pasca panen para petani memang sudah dimasukkan dalam program unggulan ke depan.

“Kita ketahui bersama bahwa masyarakat Lamtim sebagian besar bekerja di sektor pertanian. Maka jika pasangan DA-DI terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Lamtim, kami akan melakukan kajian terkait regulasi penerapan harga dasar. Jika sudah ada kajian yang dilakukan maka kami akan coba tentukan harga standar dari komoditi hasil pertanian yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain itu pihaknya akan coba mendorong para petani untuk dapat melakukan terobosan baru. Memang untuk melakukan terobosan baru tersebut memerlukan dukungan pembiayaan dan permodalan.

“Maka dengan begitu kami akan bekerja sama dengan perbankan, dan ini sesuai dengan program tani berjaya dengan sektor perbankan. Maka untuk mengurai permasalahan yang selama ini selalu dialami para petani tersebut, memang sudah masuk dalam program unggulan kami yaitu Petani Berjaya,” ujarnya.

Dilanjutkannya, program Petani Berjaya ini menjadi salah satu solusi, di mana petani, pembeli, suplier, distributor, perbankan dan Pemkab Lamtim akan dihubungkan. Kemudian untuk menjaga ketersediaan benih, pupuk serta dilakukan pendampingan budidaya, teknologi pertanian, permodalan, manajemen resiko, jadwal tanam, dan ketersediaan air irigasi. (Nainggolan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here