oleh

Partinia Parosil Minta Semua Serius Kembangan Lambar Jadi Kabupaten Literasi

Liwa (Netizenku.com): Ketua tim gerakan literasi daerah (GLD) Lampung Barat, Partinia Parosil Mabsus, berharap semua pihak serius dalam pengembangan Lampung Barat sebagai kabupaten literasi.

\”Bupati telah menerbitkan Peraturan Bupati  (Perbub) nomor 19 Tahun 2018 tentang gerakan literasi, jadi kita harus serius dalam mengaplikasikannya,\” kata Partinia dalam rakor GLD pertama di aula RS Bunda, Rabu (21/11).

Menurut Partinia yang berlatar belakang sebagai seorang pendidik tersebut, menjelaskan fokus kerja tim GLD adalah pembangunan gerakan literasi sekolah, keluarga dan masyarakat. \”Gerakan literasi ini merupakan gerakan dan program Pemkab Lampung Barat yang serius, jadi sebagai bagian dari tim GLD harus bekerja maksimal, termasuk memberikan pendampingan,\” harap Partinia.

Baca Juga  Kesadaran Taat Prokes Rendah, Kasus Covid-19 Lambar Meningkat

Termasuk kata Partinia, keseriusan dinas terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus menciptakan gerakan literasi di sekolah-sekolah serta dinas Dinas PMP harus memgangun literasi diseluruh pekon. \”Dinas terkait dipersilahkan menerbitkan surat edaran dilingkungan masing-masing, misal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membentuk tim GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dan untuk lebih optimal melaporkan seluruh kegiatan secara berkala kepada bupati,\” harap Partinia.

Baca Juga  Lambar \'Haram\' Gunakan Qori dari Luar

Saat ini kata Partinia, di Lampung Barat sudah banyak tumbuh relawan dan komunitas literasi yang seharusnya menjadi energi positif bagi yang tergabung dalam GLD dan Pemkab.

\”Banyaknya relawan dan komunitas yang bergerak dalam bidang literasi, merupakan modal yang luar biasa dalam pengembangan Lampung Barat sebagai kabupaten literasi, dan saya harap itu menjadi motivasi kita untuk menciptakan masyarakat Lampung Barat yang gemar membaca yang bertujuan peningkatan kesejahteraan,\” jelasnya.

Baca Juga  Kapolres Lambar Bangga akan Prestasi Polwan di Lingkungannya

Kedepan kata Partinia, tim GLD akan memfasilitasi pengembangan literasi dengan penyediaan sarana dan prasarana, termasuk memperbanyak pelatihan menulis dan pendampingan pekon literasi. \”Bagi pihak yang saat ini mengembangkan gerakan literasi baik secara swadaya maupun yang difasilitasi oleh Pekon, tim GLD siap melakukan pendampingan serta memberikan pelatihan,\” tandasnya. (iwan)

Komentar