oleh

Parosil Terbitkan Harapan Pelajar Lambar untuk \’Berani\’ Menjadi Dokter

Liwa (Netizenku.com): Satu persatu janji politik Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin, yang disampaikan pada masa kampanye lalu, mulai direalisasikan.

Bahkan program yang cukup fenomenal dimana pemerintah daerah akan membiayai secara keseluruhan apabila ada warga lulusan SMA/SMK di Lambar yang diterima pada fakultas kedokteran (FK) universitas negeri, pada tahun pertama jabatan Bupati Parosil ini langsung ditunaikan.

Ini terlihat ketika berdasarkan pengumuman penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi  (PT) melalui jalur undangan tahun 2018, terdapat dua siswa SMAN I Way Tenong dan satu siswa SMAN I Liwa yang dinyatakan diterima pada FK di universitas negeri.

Ketiga pelajar beruntung itu ialah M. Ardiansyah asal SMAN I Way Tenong yang diterima di FK Unila. Kemudian Alvina Damayanti siswa SMAN I Way Tenong diterima di FK Universitas Sriwijaya, serta Indah Juliantika siswa SMAN I Liwa yang diyerima pada FK Universitas Islam Negeri  (UIN) Jakarta.

Baca Juga  Partinia Parosil Minta Semua Serius Kembangan Lambar Jadi Kabupaten Literasi

Bupati Parosil mengucapkan selamat atas banyaknya siswa SMA asal Lambar yang masuk PT melalui jalur undangan, termasuk tiga orang yang diterima pada PTN fakultas kedokteran. \”Selamat kepada anak-anak yang masuk PTN jalur undangan, semoga mampu menempuh pendidikan dengan lancar dan dengan hasil yang memuaskan,\” kata dia, Jumat (20/4).

Parosil juga mengatakan, khusus bagi yang masuk fakultas kedokteran PTN, akan mendapatkan biaya dari Pemkab Lambar sebesar Rp40 juta per semester yang disalurkan secara langsung. \”Setelah melakukan registrasi pendaftaran ulang, saya harap untuk melapor kepada Pemkab Lambar, sehingga bantuan uang kuliah bisa langsung dikucurkan,\” pesan Bupati.

Baca Juga  Tuguratu Simulasi Banjir

Bahkan Parosil meyakini bukan hanya tiga siswa saja yang masuk fakultas kedokteran PTN, karena masih ada penerimaan siswa melalaui jalur SMPTN, untuk itu dirinya berharap bagi yang punya rencana memilih fakultas kedokteran agar belajar dengan tekun. \”Tidak ada batasan kuota yang akan dibiayai melalui APBD bagi yang masih fakultas kedokteran PTN, jadi saya doakan semoga yang lain bisa menyusul,\” harapnya.

Apresiasi ini disambut suka cita oleh Dahlin, Kepala SMAN I Way Tenong. Dirinya juga menyampaikan terima kasih terhadap bupati Lambar Parosil Mabsus yang telah memberikan beasiswa bagi anak-anak Lambar yang masuk FK PTN, karena program tersebut sangat membantu dan menjadi motivasi bagi siswanya. \”Sekarang anak-anak kami berani milih jurusan kedokteran karena program Pak Parosil,\” kata Dahlin.

Baca Juga  Mukhlis Basri Serahkan Ratusan Alat Rapid Test dan PCR Swab untuk Lambar

Menurut Dahlin, dari dua siswa asal sekolah yang memperoleh beasiswa siswa Bupati itu berasal dari background berbeda. Satu siswa berasal dari keluarga petani, sedang satunya lagi dari orangtua yang berlatarbelakang pedagang.

\”Adanya program beasiswa tersebut jelas sangat membantu. Apalagi kalau kita lihat kondisi ekonomi anak-anak itu terbilang sulit untuk bisa membiayai anaknya yang kuliah pada fakultas kedokteran. Jadi apa yang disampaikan bupati bahwa anak dari orang tua kurang mampu bisa menjadi dokter, sekarang menjadi kenyataan,\” ungkapnya.

Mulai tahun ajaran 2018, pemkab Lambar memang menganggarkan Rp40 juta per semester bagi siswa-siswi SMA/SMK di Lambar yang masuk fakultas kedokteran PTN, dan akan dibiayai hingga menyelesaikan pendidikan hanya dengan syarat setelah lulus harus mengabdi di Lambar. (Iwan)

Komentar