BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Akibat pandemi Virus Covid-19, tidak hanya menimbulkan korban jiwa. Tetapi virus asal Wuhan tersebut, ikut melumpuhkan sendi-sendi kehidupan, tidak terkecuali sangat terdampak dengan ekonomi masyarakat.

Untuk mengakhiri dampak yang berkepanjangan, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) setempat, melakukan rapat koordinasi dalam rangka evaluasi dan menyusun konsep menyambut kehidupan baru (new normal).

Parosil yang memimpin rapat koordinasi tersebut, mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi penanganan Covid-19, menunjukkan hasil yang menggembirakan, karena tidak ada lagi sebaran baru di wilayah Lampung Barat.

Hal tersebut dibuktikan dengan, dari dua pasien positif yang menjalani perawatan di RSUD AU sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Sementara enam orang yang berdasarkan hasil rapid test reaktif, sudah dinyatakan negatif sesuai dengan hasil swab/PCR.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kasus baru, bahkan dua pasien positif sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang sesuai hasil dua kali swab/PCR. Kondisi tersebut sangat menggembirakan, maka saat ini kita harus optimis menyambut new normal,” kata bupati, seraya berharap jajarannya tetap melakukan pengawasan dengan ketat, Kamis (29/5).

Dikatakannya, pada kegiatan yang juga dihadiri, Wakil Bupati, Mad Hasnurin, Ketua DPRD, Edi Novial, Kapolres, AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, MH, Dandim, 0422 Letkol Czi Benny Setiawan, M.Han, Ketua PA, Nurbaiti, menyambut new normal yang akan dilakukan secara bertahap, seperti mengurangi pos perbatasan dan akan mengembalikan pelayanan dengan maksimal seluruh instansi.

“Ke depan kita hanya akan melakukan penjagaan di dua pos perbatasan, yakni Pinusan Sumber Jaya dan Sukau, dengan tetap didukung oleh TNI dan Polri. Sementara untuk pelayanan publik, dinas instansi secara perlahan akan dikembalikan seperti sebelum adanya wabah virus Covid-19,” jelas Parosil.

Sementara, yang selama ini lokasi pusat bertumpuknya massa, seperti Pasar Liwa Balikbukit dan Pasar Sekincau, akan disusun rule model dalam penegakan protokoler kesehatan, serta menempatkan personel dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Pol PP.

“Alhamdulillah, dukungan Forkompinda terhadap memutus rantai penyebaran virus Covid-19 sangat tinggi, maka ke depan di Pasar Liwa dan Sekincau yang selama ini menjadi pusat penumpukan massa, akan kita perketat dengan menempatkan masing-masing satu petugas dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Pol PP,” jelas pakcik sapaan akrab Parosil Mabsus.

Parosil mengajak seluruh tatanan masyarakat Lampung Barat untuk optimis dan bangkit menyambut new normal, sehingga kehidupan dan roda ekonomi akan berjalan normal, untuk kehidupan yang lebih baik.

“Saya yakin masyarakat Lampung Barat, mempunyai kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat, dan menjalankan seluruh protokoler kesehatan, mari kita sambut kehidupan yang lebih baik dan normal, kita bangkit bersama, “Kita Siap Kita Kuat”,” tandasnya. (Iwan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here