oleh

Miris, Lion Air JT 610 Jatuh, Info Hoax Bertebaran

Lampung (Netizenku.com): Sungguh miris. Di saat musibah, ada saja orang tidak bertanggung jawab menyebarkan info hoax.

Di media sosial beredar foto-foto yang disebut sebagai pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh. Informasi itu dipastikan tidak benar.

Foto yang viral memperlihatkan bangkai pesawat Lion Air yang terbelah dan bagian dalam pesawat terlihat. Bangkai pesawat itu ada di laut dan tampak beberapa petugas di sebelahnya.

Foto itu ramai disebut sebagai pesawat Lion Air JT 610 Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh.

Baca Juga  Melalui Instagram, Facebook Uji Fitur Location History

Hingga saat ini, main body pesawat tersebut belum ditemukan meski lokasi sudah diketahui.

\”Di sosial media beredar foto ini yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT-610. Info itu tidak benar. Itu Hoax,\” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat Twitter, Selasa (30/10/2018).

Foto itu adalah bangkai pesawat Lion Air JT 904 yang kecelakaan pada 13 April 2013. Kecelakaan saat itu terjadi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Baca Juga  Polisi Nyatakan Belum Ada Jenazah Korban Lion Air Teridentifikasi

\”Jangan menyebarkan hoax,\” kata Sutopo mengingatkan.

Di sosial media beredar foto ini yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT-610. Info itu tidak benar. Itu Hoax. Foto ini adalah bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami musibah di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 13/4/2013. Jangan menyebarkan hoax. pic.twitter.com/rkHdTfGI1d

— Sutopo Purwo Nugroho (@Sutopo_PN) October 29, 2018


Sebelumnya, foto dan video sejumlah penerbangan sempat viral dan disebut dari penerbangan Lion Air JT 610. Padahal, itu dari penerbangan lain.

Baca Juga  Pesawat Lion Air Jatuh ke Laut, Ini Manifes Penumpang dan Awak

Polisi meminta masyarakat untuk tak menyebarkan informasi bohong atau hoax terkait insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat.

Polisi mengingatkan penyebar hoax musibah tersebut bisa dijerat pidana.

\”Kepada pihak-pihak yang memiliki informasi hoax tidak dibenarkan dan bisa dikenai undang-undang, pidana,\” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (30/10/2018). (dtc/lan)

Komentar