oleh

Lambar-Pesibar Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Liwa (Netizenku.com): Potensi bencana alam Lampung Barat dan Pesisir Barat di musim hujan, menjadi perhatian serius Polres dan Kodim 0422 Lampung Barat. Untuk mempercepat penanganan, pihak terkait seperti Polres, Kodim 0422, BPBD, Sat Pol PP dan Basarnas melakukan apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, di halaman Mapolres setempat, Jumat (10/1).

Kapolres Lampung Barat, AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, MH, beberapa pekan terakhir bencana terjadi di wilayah Lampung Barat dan Pesisir Barat, seperti banjir dan tanah longsor, tetapi berkat kesiagaan semua unsur dalam melakukan penanganan, sehingga tidak menimbulkan korban.

Baca Juga  Gudang PM dan Kapolres Santuni Korban Kebakaran

\”Saya sampaikan apresiasi kepada Dandim 0422 Lampung Barat beserta jajaran, BPBD dan pihak lain yang telah menjalin soliditas dalam melakukan penanganan terhadap bencana, sehingga dapat tertangani dengan cepat dan tanpa menimbulkan korban,\” kata Rachmat.

Pada kegiatan yang dihadiri Dandim 0422 Lampung Barat, Letkol Czi Benni Setiawan, M.Han, saat ini ada beberapa titik bencana khususnya di wilayah Pesisir Barat, seperti tanah longsor di kecamatan Pesisir Utara dan Ngambur.

\”Sekarang di Ngambur ada bencana banjir yang merendam puluhan unit rumah warga, dan tanah longsor di Pesisir Utara yang menyebabkan jalur tersebut lumpuh, dan saya pastikan bahwa saat ini baik anggota Polres, Kodim dan pihak terkait lainnya, sedang melakukan penanganan,\” kata dia.

Baca Juga  Operasi Bina Waspada Krakatau, Kapolres Lambar Serahkan Tali Asih

Terkait bencana banjir bandang di Tanggamus yang melumpuhkan lalu lintas Pesisir Barat-Tanggamus, Kapolres meminta seluruh pihak terkait untuk memberikan himbauan kepada masyarakat yang akan bepergian untuk melalui jalur lintas pantai Barat Lampung Barat.

\”Karena saat ini jalan yang menghubungkan Pesisir Barat dengan Tanggamus masih lumpuh tertutup material banjir bandang, diimbau masyarakat yang akan bepergian ke wilayah Bandarlampung untuk lewat Liwa Lampung Barat,\” kata dia.

Baca Juga  RAPI Lambar Salurkan Bantuan untuk Korban Tsunami

Secara historis kata Rachmat, Lampung Barat dan Pesisir Barat merupakan daerah rawan bencana, maka apel hari ini dalam rangka memastikan kesiapan personil dan peralatan yang tersedia, sehingga apabila ada bencana akan cepat ditangani, dan semua harus bergerak dengan serentak.

\”Apel kesiapsiagaan bencana ini, merupakan langkah memastikan kesiapan personil dan peralatan, sehingga apabila terhadi bencana seluruh personil dapat bergerak cepat, dan kita pastikan pengelolaan penanganan bencana harus dilakukan dengan baik,\” tandas Kapolres. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *