BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Pemkab Lampung Barat yang diwakili kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan penandatanganan naskah kerjasama Geospasial, di kantor Badan Informasi Geopasial (BIG) RI, Cibinong, Jumat (8/11).

Kepala Bappeda Lampung Barat, Okmal, M.Si, mengatakan BIG merupakan lembaga negara yang melaksanakan survey dan pemetaan data secara terpadu, sehingga kedepan dalam penyusunan program pembangunan Lampung Barat hanya berpatokan dengan satu data.

“Pemkab Lampung Barat sudah menjalin kerjasama dengan Badan Informasi Geopasial, dalam rangka melakukan survey dan pemetaan data di Lampung Barat yang ditandai dengan penandatanganan antara kepala Bappeda dengan Kepala BIG Prof. Hasanuddin Zainal Abidin,” kata Okmal.

Kerja sama Pemkab Lampung Barat dengan BIG, kata Okmal tentang Kebijakan Satu Peta (KSP), dengan harapan kedepan dapat menjadi solusi atau menjawab berbagai tantangan dan hambatan selama proses pembangunan yang sering kali bermuara pada konflik tumpang tindih penggunaan lahan.

“KSP, diharapkan akan membantu pemerintah dalam menyusun program pembangunan, salah satu dengan KSP tidak ada lagi konflik tumpang tindih lahan, dan KSP sangat penting terutama untuk mengawal perencanaan pembangunan nasional,” kata Okmal.

Sebagai implementasi Kerjasama antara Lampung Barat dengan BiG kata Okmal, Lampung Barat akan memiliki Web Geoportal yang terintegrasi, sehingga dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai batas wilayah, potensi yang ada di dalamnya tergambar dan terpublikasi dengan baik dalam bentuk spasial, atributik dan visual.

“Melalui Geoportal akan disajikan informasi aktual kepada seluruh perangkat pemerintah, tentang kondisi wilayah dinsuatu daerah dan sangat membantu dalam perencanaan pengembangan wilayah antara lain bidang kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan, Pajak Bumi dan Bangunan dan selain itu dapat digunakan untuk pembenahan profil pekon,” jelas Okmal. (Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here