Klaster Jakarta Sumbang Penambahan Pasien Positif Covid-19 Tubaba

Redaksi

Minggu, 26 Juli 2020 - 21:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Jumlah pasien konfirmasi positif Corona di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terus bertambah menjadi 9 kasus. Kasus terbanyak kali ini berasal dari klaster Jakarta yang mulai terdeteksi sejak Sabtu 18 Juli 2020 yakni Pasien 05 seorang perempuan berinisial SK (42) warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya Kecamatan Lambu Kibang.

Selain SK, pasien konfirmasi positif Covid-19 yang masuk klaster Jakarta yakni ES (49), warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya, seorang laki-laki penyalur tenaga kerja wanita ke Jakarta yang dinyatakan positif Corona pada Rabu (22/7).

Sedangkan DS (42) warga Tiyuh Kibang Mulya Jaya, seorang laki-laki pengemudi travel pembawa SK, dan ES, kemudian WA (19) warga Lambu Kibang, dan TW (26) warga Kecamatan Way Kenanga yang juga merupakan penumpang DS, ketiganya dinyatakan terkonfirmasi positif sejak Minggu (26/7), berdasarkan hasil uji swab laboratorium RSUD Menggala Tulangbawang.

Sementara klaster Gowa di Kabupaten Tubaba yang mulai terdeteksi pada 11 April 2020 berjumlah sebanyak 4 kasus, yakni Abdul Hamid (AH) Sugiarto (S) , istri sugiarto yakni Darsiem (D), dan Khamami (KH). Kesemuanya telah dinyatakan sembuh sejak Rabu 20 Mei 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril S.Kep. Ns, MM, mengatakan dengan bertambahnya tiga kasus positif Corona dari klaster Jakarta pada Minggu (26/7) maka jumlah kasus Corona atau Covid-19 di Tubaba meningkat menjadi 9 orang.

\”Total hingga saat ini sudah 5 kasus dinyatakan sembuh yakni seluruh pasien klaster Gowa sebanyak 4 orang, dan satu orang perempuan inisial SK dari klaster Jakarta yang sembuh mulai hari ini (26/7). Sedangkan 4 kasus lainnya yakni ES, DS, WA, dan TW masih dalam perawatan dan diisolasi di RSUD Tubaba,\” kata dia, Minggu (26/7).

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tubaba Juara Stand Pameran Inklusi Sosial

Kasus baru klaster Jakarta berawal dari pasien positif sembuh inisial SK (42), yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di Jakarta. Kemudian petugas kesehatan RSUD Tubaba melakukan tracing terhadap 20 orang yang pernah kontak erat dengan pasien 05, dan didapat satu orang reaktif rapid test.

Setelah diambil sampel swab, lanjut Majril, pria berinisia ES (49) yang berprofesi sebagai penyalur tenaga kerja ke Jakarta ini menunjukan hasil positif Covid-19. Pasien 06 tersebut memiliki riwayat perjanan dari Jakarta bersama pasien 05 yang telah dinyatakan positif lebih dulu.

Kemudian petugas kesehatan kembali melakukan tracking terhadap orang yang pernah kontak erat dengan pasien 06. Dari pelacakan tersebut kembali didapat tiga orang reaktif rapid test. Petugas RSUD Tubaba kembali mengambil sempel swab ketiga pasien reaktif.

Baca Juga  Dianggap Menyesatkan, PWI Tubaba Segera Surati Media Online untuk Klarifikasi

Lagi-lagi, tiga pasien berinisial DS (42) yang merupakan pengemudi travel, WA (19) sebagai penumpang travel dan TW (26) terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab. Mereka juga memiliki riwayat kontak dengan pasien 06 saat menumpangi travel yang dikemudikan DS.

Majril mengajak semua pihak memperketat pengawasan dan penelusuran klaster potensi penyebaran virus corona untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di kabupaten berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai itu.

Sedangkan terkait penambahan tiga kasus baru, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan tracing dan sekrening terhadap keluarga, dan warga dengan riwayat kontak erat dengan pasien positif baru yang dirawat diruang isolasi 06, 07, 08 dan 09 RSUD Tubaba.

\”Selanjutnya tim medis akan melakukan tracking dan skrening terhadap orang-orang yang ada riwayat kontak erat dengan pasien DS (P-07), WA (P-08), TW (P-09),\” tutupnya.(Arie/Len)

Berita Terkait

Pejuang Siliwangi Tubaba Dukung Pasangan Novriwan-Nadirsyah Maju Pilkada
Mantan Kejari Tubaba Sebut Novriwan “Bupati” di Hadapan Firsada
PD Muhammahdiyah Tubaba, Idul Adha Rayakan Spirit Berkemajuan
M Firsada Lepas Peserta Pawai Takbir Keliling Sambut Idul Adha
Pj Bupati Tubaba Salat Idul Adha di Masjid Baitus Shobur Islamic Centre
Firsada Sampaikan Raperda Pertanggungjwaban APBD 2023 dan RPJPD 2025-2045
Kaum Muda Deklarasikan Diri Dukung Pasangan NONA Maju Pilkada Tubaba
Kantongi Restu Umar Ahmad, NONA (NOvriwan-NAdirsyah) Solid Maju Pilkada Tubaba

Berita Terkait

Rabu, 19 Juni 2024 - 21:25 WIB

Relawan Kami Gibran Temui RMD, Bahas Koneksitas Program Prabowo-Gibran dengan Program Pemprov Lampung

Rabu, 19 Juni 2024 - 14:09 WIB

Keterlibatan Parpol dan ‘Titip Nama’ Petugas Coklit Jadi Perhatian Bawaslu

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:35 WIB

Bawaslu Bandarlampung Perketat Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada 2024

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:45 WIB

Dinilai Anggap Remeh, KPU Bandarlampung akan Didemo 

Minggu, 9 Juni 2024 - 23:02 WIB

RMD Resmikan Rumah Relawan

Minggu, 9 Juni 2024 - 22:31 WIB

Partai Perindo Lampung Gelar Fit and Proper Test Calon Bupati dan Wakil Bupati Tubaba

Minggu, 9 Juni 2024 - 16:31 WIB

Hanya 8 Parpol yang Terima Dana Hibah Pemkot Balam

Sabtu, 8 Juni 2024 - 21:33 WIB

Mantan Guru SMP Kenang Rahmat Mirzani Djausal: “Cerdas, Berakhlak, dan Aktif”

Berita Terbaru

Pejuang Siliwangi Kabupaten Tubaba menyatakan Sikap Dukungannya kepada Nona (Novriwan Jaya-Nadirsyah). (Arie/NK)

Tulang Bawang Barat

Pejuang Siliwangi Tubaba Dukung Pasangan Novriwan-Nadirsyah Maju Pilkada

Jumat, 21 Jun 2024 - 21:09 WIB

Suasana program

Pringsewu

Polres Pringsewu Ajak Masyarakat Ciptakan Situasi Kamtibmas

Jumat, 21 Jun 2024 - 20:27 WIB

Sri Haryanto (Kajari Tubaba lama) saat berjabat tangan tanda perpisahan dengan  Novriwan Jaya, usai kegiatan Pisah Sambut Kajari Tubaba di Aula Rumdis Bupati, Panaragan Jaya, Jumat (21/6/2024). (Arie/NK)

Tulang Bawang Barat

Mantan Kejari Tubaba Sebut Novriwan “Bupati” di Hadapan Firsada

Jumat, 21 Jun 2024 - 20:05 WIB

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (UPTD PPPA) Provinsi Lampung, Rya Melanie,  ketika diwawancarai di ruang kerjanya. Foto: Arsip Luki.

Lampung

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Didominasi KDRT

Jumat, 21 Jun 2024 - 17:00 WIB