oleh

Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak Ikut FKN ke-XII

Liwa (Netizenku.com): Langsung dibawah komando, Sang Sultan, Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, mengirimkan 250 orang delegasi untuk mengikuti Festival Keraton Nusantara  (FKN) XII Tahun 2018, yang dilaksanakan di Kerajaan Pagaruyung Sumatera Barat, 27-31 November.

Juru bicara Kepaksian Pernong, Seem R Canggu Gelar Raja Duta Perbangsa, keberangkatan delegasi Sekala Brak dipimpin langsung Paduka YM SPDP Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23.

\”250 delegasi kerajaan Sekala Bkhak sudah berangkat, didampingi langsung oleh Sultan serta putra mahkota TM Pangeran Alprinse Syah Pernong,\” kata Raja Duta Perbangsa, Rabu (27/11).

Baca Juga  Juli, PPBI Lampung Barat akan Gelar Pameran Tingkat Nasional

Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong merupakan satu dari 47 kerajaan anggota FKIKN, memberangkatkan perwakilan dari enam kabupaten/kota, yakni Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Pesawaran, Lampung Selatan dan Bandar Lampung.

\”Masyarakat adat Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong tersebar di berbagai kabupaten/kota di Lampung dan yang berangkat merupakan perwakilan dari semua daerah,\” jelas Raja Duta Perbangsa.

Baca Juga  Posko Balai Perjuangan Rakyat 45 Salurkan Bantuan

Bagian dari delegasi yang diberangkatkan kata Raja Duta Perbangsa, yakni Sai Batin Kepala Marga, Sai Batin Kebandaran, Raja/Dipati kepala suku/Jukku, batin kepala sumbai, kepala kebu, panglima adat dan wakil panglima adat, divisi humas, Muli Mekhanai paksi, jajakh itton, dan jajakh kiemas, tekhakot pedang dan tekhakot tumbak, pasukan panah sekilap wawwas, tim seni kerajaan serta fotografer dan jurnalis.

Baca Juga  Tinjau RSUD AU Lambar, Lesty \"Tampar\" Legislator Dapil IV

Pada FKN kali ini kata Raja Duta Perbangsa, Sultan Edward Syah Pernong, memberikan titah kepada putra mahkota YM Pangeran Alprinse Syah Pernong sebaga penerima tangguh dan penghanggum dari pasukan kerajaan pada saat kirab agung Keraton Nusantara 29 November.

\”Jadi yang akan menerima tangguh dan penghanggum adalah putra mahkota, sesuai titah yang diberikan oleh Akan (Ayah,red) PYM  SPDP Sultan Sekala Bkhak Yang Dipertuan Ke-23,\’ tandasnya. (iwan)

Komentar