BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Kecamatan Balikbukit Lampung Barat, kembali menjadi wilayah penyebaran dan penularan Covid-19 tertinggi. Dari 10 kasus positif, berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, terdapat delapan kasus positif. Sementara Kecamatan Sekincau dan Way Tenong masing-masing satu kasus.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Bidang Komunikasi Publik pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar, Erna Yanti, S. Farm, Apt, MPH., mengungkapkan dari delapan kasus di Balikbukit, satu diantaranya kasus baru, sementara tujuh hasil tracing dari kasus sebelumnya. Sedangkan dua kasus di Kecamatan Way Tenong dan Sekincau juga hasil tracing.

“Ternyata masih ada warga Lampung Barat yang terkonfirmasi positif Covid-19, setelah empat hari sebelumnya nihil. Dari 10 kasus tersebut ada satu kasus baru, yang kebetulan habis melakukan perjalanan ke Bandarlampung. Sedangkan sembilan kasus lainnya hasil tracing,” kata Erna, Sabtu (27/2).

Dengan terus bertambahnya kasus positif Covid-19 kata Erna, sampai saat ini warga Lampung Barat yang sudah terkonfirmasi positif mencapai 391 orang. Dengan rincian 13 orang meninggal dunia, 44 orang sedang menjalani isolasi mandiri dan 334 telah dinyatakan sembuh.

Dengan demikian kata Erna, pihaknya berharap masyarakat Lampung Barat untuk tetap menjalankan 5 M, yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

“Mari kita saling mengingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, karena itu merupakan ikhtiar yang dapat kita lakukan, untuk menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan dari serangan Covid-19,”  harap Erna.

Sementara Sekretaris Satgas Covid 19 Lampung Barat, Maidar, mengatakan dari 15 kecamatan di Lampung Barat, enam kecamatan menyandang status zona hijau, yakni Gedung Surian, Air Hitam, Bandar Negeri Suoh, Suoh, Batu Ketulis dan Sukau. Zona kuning, adalah Kecamatan Sumber Jaya, Way Tenong, Sekincau, Belalau, dan Batu Brak. Sementara zona merah Kecamatan Balikbukit dan zona orange Kecamatan Lumbok Seminung.

“Data terbaru, dari 15 kecamatan di Lampung Barat, satu kecamatan yakni Balikbukit dengan status zona merah, Lumbok Seminung zona orange. Sementara zona kuning terdapat lima kecamatan dan zona hijau ada delapan kecamatan. Khusus untuk kecamatan dengan zona merah dan orange belum diizinkan untuk menggelar kegiatan yang berpotensi mengumpulkan orang banyak,” kata dia. (Iwan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here