BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Salah satu yang dilakukan Kapolda Lampung, Irjen Pol. Purwadi Ariyanto, MH, dalam mengisi kegiatan HUT Bhayangkara ke-74 tahun 2020, yakni melakukan anjau silau (Silaturahmi,red), di gedung dalom Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak, Kepaksian Pernong, di Batu Brak Lampung Barat.

Anjau silau, Kapolda Lampung yang diwakilkan kepada Kombes Pol. Bambang Ponco Sutiarso, MH, disambut langsung,
Saibatin Kepaksian Pernong Paduka YM SPDB, Drs. Pangeran Edward Syah Pernong, SH, MH, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23, Sultan Kepaksian Pernong di Gedung Dalom Kepaksian Pernong.

Kegiatan yang diawali penyambutan tamu agung dengan prosesi adat, YM Edward Syah, menyambut baik anjau silau Kapolda, ke Gedung Dalom Kepaksian Pernong. Program tersebut merupakan warisannya saat menjabat sebagai Kapolda Lampung.

“Anjau silau yang dilakukan pak Kapolda, yang kebetulan ada tugas lain maka diwakilkan kepada pak Bambang, merupakan kegiatan positif, dan saya merasa bangga karena kegiatan ini tetap dipertahankan oleh Pak Kapolda,” kata YM Edward Syah.

Pada kesempatan tersebut, YM Edward Syah yang pernah menjabat sebagai Kapolda Lampung beberapa tahun lalu, memberikan apresiasi kepada Kapolda dan Pemkab Lampung Barat beserta jajaran, yang telah berhasil mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan terhadap virus Covid-19.

“Saat ini kita sedang dihantui pandemi virus Covid-19, tetapi apa yang dilakukan Polda Lampung dan Pemkab Lampung Barat, dengan berbagai langkah, termasuk kampanye pencegahan, maka penyebaran virus tersebut dapat dikendalikan, untuk itu saya berikan apresiasi dan ucapan terima kasih,” kata dia, Kamis (2/7).

Pada kesempatan yang juga dihadiri, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, Wakil Bupati, Mad Hasnurin, Kapolres, AKBP Rachmat Tri Haryadi, MH, dan Dandim 0422, Letkol Czi Benni Setiawan, M.Han, YM Edward Syah, menceritakan sejarah tentang Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak, yang terdiri dari empat Kepaksian.

“Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak, terdiri dari empat Kepaksian, yakni Kepaksian Pernong, Kepaksian Way Bejalan Di Way, Kepaksian Buay Belunguh dan Kepaksian Buay Nyerupa,” katanya yang pensiun dari Polisi dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Sementara, Kombes Pol. Bambang Ponco Sutiarso, S.Ik, MH yang merupakan Dir Samapta Polda Lampung, yang didampingi Dir Bimas Kombes Pol Anang Triarsono, S.Ik, M.Si dan Dir TIK Kombes Pol. Joko Sumarno, S.Ik, MH, mengatakan sangat bangga dengan keberadaan kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak, yang sampai saat ini masih berjaya dan eksis.

“Saat ini dunia sudah di jaman digital, tetapi Kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak, masih tetap mempertahankan kekayaannya dan tetap eksis. Hal ini merupakan kebanggaan, apalagi saat ini kami disambut dengan prosesi adat yang sebagian orang jangankan merasakan, melihatnya saja mungkin tidak pernah,” kata Bambang. (Iwan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here