BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): “Setiap zaman ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti ada kiprahnya” kata-kata tersebut disampaikan lantang Kajari Lampung Barat (Lambar), M Mansyur, saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Hari Pahlawan, di lapangan upacara pemkab, Sabtu (10/11).

Upacara HUT Hari Pahlawan, yang diikuti sejumlah kepala OPD dan ASN dilingkungan Pemkab Lampung Barat, TNI, Polri dan pelajar, Mansyur mengatakan, saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

“Pemuda merupakan generasi muda yang akan menggantikan estafet kepemimpinan dimasa depan, maka jiwa patriot, disiplin dan berkarakter, sebagai modal kuat untuk menjaga NKRI demi keunggulan RI,” kata Mansyur.

Peringatan 10 November sebagai Hari Pahlawan, dalam rangka mengenang dan memperingati perjuangan para Pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi kita, karena pada 10 November para Pahlawan berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah,” ujarnya.

Mansur berharap, peringatan hari Pahlawan tidak hanya bersifat seremonial, tapi merupakan kegiatan yang bermakna, bukan hanya sebatas prosesi tetapi substansi.

“Momen ini harus kita jadikan sebagai semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis yang bisa menguatkan bahkan bisa melemahkan,” jelasnya.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Setkab Lampung Barat, mengatakan peringatan hari Pahlawan dilingkungan Pemkab Lampung Barat, bukan hanya melakukan upacara tetapi melakukan ziarah ke makam pahlawan.

“Setelah upacara peringatan hari Pahlawan yang berjalan khidmat, peserta upacara melakukan ziarah di makam pahlawan yang memanjatkan doa serta melakukan tabur bunga,” kata Burlianto. (Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here