oleh

Iuran Naik, Pemkot Kurangi Peserta BPJS

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melakukan pengurangan jumlah penerima manfaat Bantuan Penerima Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di kota setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, mengatakan bahwa di Bandarlampung tahun 2020 ini Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dijamin pemerintah sebanyak 32 orang. Jumlah ini mengalami penurunan sekitar 8 ribu orang, yang sebelumnya 40 orang.

Baca Juga  Nicho Hadi Wijaya Nakhodai IKA UIN RIL-DIY-Jateng 2021-2022

Dari jumlah itu, total dana yang telah dianggarkan pemerintah setempat sebesar Rp13 miliar per tiga semester. Anggaran tersebut merupakan keseluruhan, termasuk persoalan pembiayaan pengobatan masyarakat yang bersumber dari pajak rokok.

\”Kita telah sepakati kerjasama dengan mereka selama tiga semester, artinya ini hingga bulan September 2020. Kemudian kita akan lihat perkembangan seperti apa,\” ujarnya, Senin (13/1).

Baca Juga  Bulog Gelar Sosialisasi Ketersedian Pangan Murah

Menurutnya, pada tahun 2019 lalu jumlah penerima manfaat yang terhitung sebagai PBI sebanyak 40 ribu orang dengan jumlah anggaran yang sama, yaitu Rp13 miliar. Pengurangan jumlah penerima manfaat ataupun PBI dari pajak rokok tersebut dikarenakan adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Dirinya menerangkan, dengan jumlah anggaran yang lama pada tahun lalu, dapat mencakup jumlah penerima yang kuotanya lebih banyak dari tahun 2020 ini.

Baca Juga  Eva Dwiana Tegur Satgas Covid-19 Razia Hiburan Malam Kerap Bocor

\”Sedangkan tahun lalu dengan jumlah anggaran yang sama mampu mengkover sekitar 40 ribu warga Bandarlampung,\” kata dia. (Adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *