BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Menjaga silaturahmi dan kegiatan pengganti atas gagalnya pameran dan kontes bonsai Tahun 2020 akibat pandemi, Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Lampung Barat, akan menggelar Kopi Darat (Kopdar).

Ketua PPBI Lampung Barat, Widyatmoko Kurniawan, mengatakan, awalnya PPBI Lampung Barat, kembali akan menggelar pameran dan kontes bonsai Tahun 2020. Karena diterpa pandemi Covid-19, rencana tersebut terpaksa gagal dan akan digelar lagi tahun depan.

“Karena rencana pameran dan kontes bonsai Tahun ini gagal, maka kami akan mengadakan Kopdar, yang menurut rencana akan dipusatkan di Cafe Omah Kayu, Kelurahan Way Mengaku Balikbukit, 24-26 Juli mendatang,” kata Wawan, sapaan akrab Widyatmoko Kurniawan, Kamis (16/7).

Pada kegiatan tersebut, kata Wawan, peserta hanya diperbolehkan membawa satu pohon bonsai terbaik untuk satu kelas, dengan kontribusi Rp50 ribu/orang. Sedangkan untuk memberikan semangat, akan diberikan hadiah yang ditetapkan berdasarkan hasil undian.

“Walaupun sifatnya hanya Kopdar, bukan kontes, tetapi panitia akan menyediakan hadiah berupa peralatan bonsai. Yang akan mendapatkannya melalui undian, bukan penilaian terhadap bonsai yang ditampilkan,” kata dia, seraya mengatakan selama kegiatan tersebut akan menjalankan protokoler kesehatan.

Wawan, yang merupakan dokter spesialis bedah di RSUD Alimuddin Umar Lampung Barat, menambahkan, yang utama dalam kegiatan Kopdar tersebut bukan karya seni pengkerdilan kayu, tetapi akan lebih ditekankan sebagai sarana diskusi, bertukar ilmu bagaimana menghasilkan karya terbaik.

“Saat ini seniman bonsai di Lampung Barat sudah ratusan orang, tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan, maka untuk menambah bekal bagaimana menciptakan bonsai yang baik dan unik, punya cara masing-masing, nah pada kesempatan ini kita berbagi ilmu,” harap Wawan, yang sudah menghasilkan bonsai kelas nasional tersebut. (Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here