BERBAGI

Pringsewu (Netizenku.com): Paper dengan judul “Teknologi dan Teori Penguatan Lembaga pada Kinerja Pengguna Sistem Informasi Pengelolaan”, menjadi the Best paper mengalahkan 145 paper lainnya.

“Penilaian yang dilakukan oleh reviewer secara blind review dan dikupas tuntas oleh pembahas yang independen,” ungkap
Dr. Ana Sopanah, SE., M.Si. Ak.CA. CMA., Dekan FEB UWG dan Sekjen FDAP, penanggung jawab acara.

Penanggung jawab acara, Dr. Ana Sopanah,SE ,M.Si Ak CA CMA. dalam releasenya mengatakan, paper ini dipresentasikan di acara Call For Paper Temu Dosen Akuntansi Publik ke-14 dengan host Universitas Widyagama Malang dengan Co-Host 32 PTS dan PTN se-Indonesia. Dengan jumlah peserta paper 146 dan yang lolos 124 paper.

Dr Ana menambahkan, Webinar Nasional yang dilaksanakan oleh Forum Dosen Akuntansi Publik (FDAP) dengan didukung oleh 31 Co – Host dari berbagai Universitas di Indonesia . Dilaksanakan pada tanggal 3 November 2020, dan dilanjut dengan Call For Paper pada tanggal 4 November dengan mengusung tema
“Peran Akuntansi Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Di Masa Pandemi”.

Dengan pelaksana kegiatan Keynote Speech oleh Dr. Agus Tugas Sudjianto ST,. MT selaku rector Universitas Widyagama Malang,
ketua FDAP Dr Harnoviansyah dan dibuka oleh Prof Dian Agustia SE,. M.Si,.. Ak,. CA, adapun moderatori oleh Dr. Ana Sopanah, SE,. M.Si,. Ak,. CA,. CMA.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B. Bus,. M.Sc, yang membahas mengenai upaya peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintah provinsi Jatim pada masa pandemi seperti saat ini. Diperlukan check and balance, komitmen dari pimpinan daerah.

Kemudian dilanjut materi kedua oleh Dr. Sri Untari Hisowarno M,.Ap, mengenai upaya laporan keuangan dalam prespektif dewan memandang akuntansi publik.

“Prinsipnya laporkan kinerja dengan baik, integritas tinggi dan bergandeng tangan dengan semua pihak, dan DPRD selalu bersinergi dengan semua pihak maupun pemerintahan Jatim,” tuturnya.

Selanjutnya Prof. Mardiasmo, M.B.A,. Ph.D,. Ak,. CA, yang membahas tentang audit Universitas di Pemerintahan Daerah. Agar laporan keuangan yang berkualitas audit yang ideal adalah integritas audit yaitu gabungan antara audit laporan keuangan dan laporan kinerja.

“Audit Universitas adalah salah satu objek audit sebagai proses fungsi entitas yang menjadi fungsi audit,” ungkapnya.

Terakhir materi disampaikan oleh Prof Dr. Abdul Halim M.Si,. Ak,. CA, mengatakan peran dalam pengelolaan keuangan negara/pemerintah, baik di pemerintah pusat maupun daerah lebih didorong untuk menghasilkan yang meningkat kualitasnya, khususnya pada aspek penyajian yang jujur.

“Peningkatan kualitas ketaatan pada peraturan yang berlaku, dan keadilan serta kepatutan, khususnya pada pelaksanaan belanja penanganan pandemi agar tidak dikorupsi kesemuanya sudah seharusnya bersinergi, termasuk untuk memanfaatkan momentum adanya kebiasaan baru (budaya baru) yang didengungkan saat pandemi ini,” ujar Prof Dr. Halim Guru Besar FEB UGM

Di tempat terpisah Wakil Bupati Pringsewu, Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA, yang Menang Juara 1 dalam Call For Paper Temu Dosen Akuntansi Publik 2020 di UWG Malang mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 934 peserta terdaftar dan langsung disiarkan melalui zoom dan youtube.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari, 3-4 November 2020. Hari pertama diisi dengan webinar “Peran Akuntansi Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Daerah Di Massa Pandemi”. Hari kedua dilanjutkan dengan pemaparan para dosen akuntansi publik di hadapan para reviewer. Waktu per presenter 20 menit, 10 menit presentasi dan 10 menit tanya jawab sesudah itu Lalu di putuskan 10 best paper.

“Dalam prestasi ini semoga Kabupaten Pringsewu bisa menggunakan peran akuntansi publik dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan daerah di massa pandemi ini,” ingkapnya, Kamis (5/11) di ruang kerjanya. (Rz/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here