BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Syarat dukungan Sugianto dan Masrizal yang akan maju dari jalur perseorangan dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten Lampung Timur (Lamtim) pada pemilihan 2020 masih di bawah jumlah persyaratan dukungan yang telah ditentukan.

Ketua KPU Lamtim, Wasiat Jarwo Asmoro, mengatakan bahwa sebelumnya pasangan calon perseorangan Sugianto dan Masrizal telah menyampaikan syarat dukungan sebanyak 77,103 persyaratan. Namun, setelah dilakukan penelitian terhadap persyaratan dukungan yang disampaikan, hanya bisa 73.866 syarat dukungan yang lengkap.

Kemudian setelah dilakukan verifikasi administrasi terhadap 73.866 syarat dukungan tersebut tinggal hanya 45.508 dukungan. Maka jumlah syarat dukungan 45.508 tersebut masih kurang dari persyaratan dukungan yang telah ditentukan yaitu sebanyak 59.262 syarat dukungan.

“Karena syarat dukungan telah dilakukan sampai tahap verifikasi administrasi, maka kita akan lakukan lagi verifikasi faktual terhadap syarat dukungan yang 45.508 tersebut. Syarat dukungan yang 45.508 akan dilakukan verifikasi faktual oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” ungkapnya.

Masih dikatakannya, syarat dukungan yang tinggal hanya 45.508 tersebut memang masih jauh kurang dari jumlah minimal persyaratan dukungan yang telah ditentukan yaitu 59.262. Karena syarat dukungannya masih kurang, maka pasangan calon masih ada kesempatan untuk menyediakan tambahan persyaratan dukungan dengan menyampaikan 2 kali lipat dari jumlah kekurangan yang ada.

“Untuk saat ini, kita masih menunggu kekurangan syarat dukungan tersebut dari pasangan calon. Yang jelas perlu kami sampaikan bahwa 45.508 syarat dukungan yang akan dilakukan verifikasi faktual oleh PPS tersebut masih kurang dari persyaratan dukungan minimal yang ditetapkan oleh KPU Lamtim,” ungkapnya. (Nainggolan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here