oleh

Dinsos Lamtim Tingkatkan Kualitas Anggota Tagana

Lampung Timur (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur (Lamtim) melalui Dinas Sosial, menyelenggarakan kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Taruna Siaga Bencana (Tagana), di Balai Desa Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur, Senin (13/08).

Kepala Dinas Sosial Lamtim, Mahmud Yunus mengatakan, kegiatan peningkatan kualitas SDM Tagana ini bertujuan untuk menciptakan anggota Tagana yang tanggap, cepat dan tepat dalam menanggulangi dan mendeteksi kejadian bencana alam dan bencana sosial yang terjadi. seperti banjir, kebakaran, angin puting beliung dan konflik massa.

Baca Juga  Isi Jabatan Kosong, Lamtim Kembali Gelar Seleksi Terbuka

Kemudian, kegiatan juga bertujuan meningkatkan kemampuan anggota Tagana, kepedulian dan tanggung jawab sosial para anggota Tagana terhadap tupoksinya dalam penanggulangan bencana.

\”Karena sejak dahulu manusia menghadapi bencana alam yang dapat memusnahkan populasinya, selain itu bencana alam dapat membuat kerusakan baik dibidang ekonomi, sosial maupun lingkungan,\” ungkapnya.

Masih dikatakan Mahmud, terkait datangnya bencana, dapat dilihat dari tanda-tanda alam dan dapat dengan mudah disebarluaskan melalui alat komunikasi. seiring dengan berkembang dan majunya alat komunikasi atau teknologi saat ini.

Baca Juga  Dawan Rahardjo Jadi Penasehat LMP Lampung Timur

\”Ada cara yang sangat tepat untuk menginformasikan tanda-tanda bencana alam pada masyarakat yaitu dengan mendirikan pusat informasi bencana alam. Pusat informasi ini dibangun didaerah yang rawan bencana alam. Selain pusat informasi, juga menyediakan database informasi dan tempat menyebarluasan semua hal mengenai bencana alam. Misalnya seperti barang cetak, pamflet, leaflet, komik popular, video, rekaman suara dan sebagainya,\” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam penanggulangan bencana alam yang ada, pihak pemkab akan bekerjasama dengan berbagai lapisan masyarakat yakni bekerja sama dengan LSM yang peduli dengan alam. Sedangkan pemetĂ an daerah rawan bencana alam akan disurvey yang mendetail oleh pihak-pihak terkait, seperti BMKG dan PVMBG.

Baca Juga  Zaiful Bokhari Berharap Pemilu Berjalan Lancar

\”Oleh karena itu, pada kegiatan ini saya harapkan agar seluruh peserta dapat menjadi lebih mengerti tentang peranan dan fungsi Tagana dalam meningkatkan pelayanan penanggulangan bencana alam, bencana sosial dan bencana lainnya,\” tandasnya.(Nainggolan)

Komentar