Dandim 0421/Lampung Selatan Ingatkan Satgas Covid-19 agar Humanis

Redaksi

Minggu, 18 Juli 2021 - 13:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pesawaran (Netizenku.com): Dandim 0421 Lampung Selatan, Letkol Inf Enrico Setyo Nugroho, meminta kepada Tim Satgas yang ada agar menerapkan PPKM kepada masyarakat sebaiknya disampaikan secara humanis. Dan sebaiknya pada saat penerapan PPKM petugas bisa saling mengingatkan rekan di lapangan agar selalu mengendalikan emosi, baik itu Satpol PP maupun TNI/POLRI Atau petugas lainnya.

Permintaan ini disampaikan Dandim saat dirinya melakukan pengecekan sekaligus sosialisasi PPKM di Desa yang berstatus Zona merah di wilayah Koramil 421-02/Gedongtataan, Sabtu (17/7).

“Sebagai petugas sebaiknya dapat memberikan contoh dalam menerapkan PPKM, dan dalam menerapkan PPKM disampaikan secara humanis, kemudian pada saat penerapan PPKM agar petugas saling mengingatkan rekan dilapangan agar selalu mengendalikan emosi baik itu satpol PP maupun TNI POLRI Atau petugas lainnya,” kata Dandim.

Dikatakan dia,untuk petugas Covid-19 Desa sebaiknya memasang daftar orang-orang yang terinfeksi virus Covid-19 di rumah isolasi berikut tanggal terjangkitnya dan kapan sembuhnya agar bisa dilihat grafiknya dan titik serta pola penyebarannya.

“Kita hari ini melakukan pengecekan dengan menyasar dibeberapa lokasi di antaranya tempat resepsi pernikahan di kediaman Guntur Bayu Rama Dusun Bagelen 1, Desa Bagelen Gedongtataan, Rumah Isolasi Covid-19 Desa Sukaraja dan Kantor Desa Gedogtataan,” kata dia.

Untuk daerah yang masuk zona merah tanpa kesadaran masyarakat akan sulit untuk menurunkan kasusnya, untuk itu harus memastikan masyarakat sadar pentingnya menerapkan Protkes sesuai zona masing masing.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Monitoring Aplikasi PeduliLindungi di Tempat Usaha

“Aturan di zona merah dilarang melakukan kegiatan yang mengundang massa atau khalayak ramai contoh salat Idul Adha itu tidak dibolehkan, tapi jangan terus penyampaian ini dilakukan oleh Babinsa atau Bhabinkamtibmas langsung ke masyarakat, tapi sampaikan melalui tokoh agama karena mereka yang dipercaya oleh jeaaahnya,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengutarakan,untuk masyarakat yang akan melakukan resepsi hajatan dan sudah melakukan banyak persiapan agar dilakukan secara aman, contohnya dengan cara take way atau Driv thru yaitu penyelenggara hajatan menyambut tamu di depan rumah, dan tamu memasukkan sumbangan kekotak dan mengambil konsumsi yang sudah dikemas langsung pulang tanpa harus duduk.

“Jadi kita cari cara yang kreatif agar PPKM ini berjalan dengan baik dan berhasil tanpa menghentikan kegiatan masyarakat dengan hanya merubah cara kegiatannya. Kemudian dalam melaksanakan isolasi mandiri agar dijelaskan ke masyarakat seperti apa ketentuan isolasi, jangan bilangnya isolasi tapi masih berinteraksi terhadap anggota keluarga yang lain yang tidak melaksanakan isolasi yang anggota keluarga itu berinteraksi juga dengan masyarakat diluar, jadi kalok pelaksanaannya seperti itu akan percuma,” ungkapnya.

Baca Juga  Antisipasi Omicron, Warga Permukiman Padat Harus Terapkan PHBS

Beliau juga menyampaikan nantinya pemerintah akan menyalurkan 3 jenis obat Covid-19, yang berguna sebagai vitamin, untuk yang tanpa gejala dan bagi yang komorbid.

“Namun pemerintah belum dapat memberikan obat tersebut ke seluruh masyarakat Indonesia, jadi kita pastikan pemberiannya tepat sasaran,” ujarnya. (Soheh)

Berita Terkait

FMPB Endus Dugaan Mark Up Anggaran Papan Informasi KPU Pesawaran
Pesawaran Prioritas Lokus Stunting Sejak 2020
Bupati Pesawaran Lepas Logistik Pemilu 2024
Dugaan Penyimpangan, FMPB akan Laporkan CV Alfatih Perkasa ke APH
Klarifikasi, Sejumlah Warga Tanjung Kemala Penuhi Panggilan Polres Pesawaran
Dendi Rakor Persiapan Pemantauan Pemilu 2024
AKP Mulyadi Mendapat Kenaikan Pangkat Pengabdian Polres Pesawaran
Pasca Tsunami, Pustu Pulau Legundi Memprihatinkan

Berita Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:00 WIB

Gubernur Arinal Ajak TPID Bersatu Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:38 WIB

Pemprov Lampung Proyeksikan Penambahan Irigasi Hingga 73 Ribu Hektare

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:31 WIB

Ketika Kalteng Berguru Pertanian pada Lampung

Selasa, 20 Februari 2024 - 18:00 WIB

Kemantapan Jalan Lampung Capai 78,68 Persen pada 2023

Minggu, 18 Februari 2024 - 20:09 WIB

Gubernur Turun Tangan, Tak Sudi Warga dan Petani Jadi Korban

Minggu, 18 Februari 2024 - 20:01 WIB

Stok Beras Bulog Lampung Aman Hingga Idulfitri

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:59 WIB

Aman, Ketersediaan Beras di Pasar Tradisional Lampung Terjaga

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:54 WIB

Hampir 11 Ribu Ton Subsidi Jagung LN Disalurkan Ke Peternak Unggas

Berita Terbaru

Lampung Barat

Bambang Kusmanto Kantongi Suara Terbanyak Dapil Lambar 1

Rabu, 21 Feb 2024 - 13:21 WIB

Gambar hanya ilustrasi.

Celoteh

Maestro Diplomasi Meja Makan

Selasa, 20 Feb 2024 - 22:39 WIB