oleh

Bina Ideologi Pancasila, Sahlan Bahas Sejarah Indonesia dan Toleransi

Lampung Selatan (Netizenku.com): Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Sahlan Syukur, menggelar sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) di Balai Desa Purwosari, Lampung Selatan, Minggu (20/3).

Dalam kesempatan terasebut, Sahlan Syukur membahas sejarah bangsa Indonesia, terutama soal persatuan dan gotong royong.

Ia mengajak ratusan masyarakat yang hadir untuk mengingat sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Menurut dia, hal itu penting guna menjaga kerukunan di tengah masyarakat.

Baca Juga  Herman HN: Dana Pilwakot Tidak Ada Masalah

“Kita ini ratusan bahkan ribuan suku dan etnis, tapi hebatnya pendiri terdahulu kita disatukan sebagai bangsa yang besar yakni bangsa Indonesia.

Yang bisa kita petik dari sejarah ialah sikap toleransi antara suku satu dengan lainnya, begitu juga dengan umat beragama yang penuh toleransi. Untuk itu kita perlu jaga sikap tersebut agar masyarakat kita rukun. Kalau rukun kita bisa saling bahu membahu atau istilahnya gotong royong,” papar Sahlan.

Baca Juga  Guru Besar IPDN: Musuh Pilkada Itu Politik Uang

Sementara itu, narasumber kegiatan, Nur Prima Qurbani yang merupakan Pengawas Pendidikan Lampung Utara, menjelaskan bahwa pancasila merupakan sebuah instrumen yang dapat mencegah perpecahan di tengah masyarakat.

Terlihat, ia mencoba melakukan tes pelafalan pancasila kepada beberapa peserta sosialisasi. Hal tersebut ditengarai merupakan cara guna menanamkan ideologi pancasila di benak masyarakat.(Agis)