oleh

Baznas Tubaba Bedah Rumah Janda Masuning

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Keluarga tidak mampu di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) kini bisa sedikit merasakan kegembiraan. Pasalnya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat  pada tahun ini menggangarkan 15 bedah rumah yang diperuntukkan bagi masyatakat yang tidak mampu di wilayah Tubaba.

Sebagai bentuk komitmennya untuk terus melayani warga miskin, Rabu 31/7 pagi, Baznas Tubaba kembali merealisasikan satu unit bedah rumah  milik Ibu Masuning, Janda tiga anak warga Rt 01 Rw 05 Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Baca Juga  Ratusan Warga Toto Makmur Sambut Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ182

\”Kami berikan Rp15 juta untuk bedah rumah ini sebagai dana stimulan,\” ungkap Susilo Aris Nugroho, Ketua Baznas bidang Administrasi mendampingi Ketua Baznas H. Sahmin St. Seimbang.

Menurutnya, partisipasi aktif dari warga sekitar sangat menunjang keberhasilan program ini. Sementara, program utama Baznas Tubaba adalah membantu Pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

\”Ada beberapa program unggulan yang kami berikan bagi masyarakat, selain bedah rumah dan santunan kesehatan juga ada bantuan modal usaha bagi warga tidak mampu,\” terangnya.

Terkait bedah rumah milik janda Ibu Masuning ini, Aris menambahkan, Ibu tiga anak ini sehari hari bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga  dan tinggal dalam rumah kayu sederhana yang sudah lapuk dan sudah reyot hampir ambruk.

Baca Juga  Tetapkan Gaji, Perusahaan Harus Patuhi SK Gubernur

\”Sebelum kami eksekusi rumah ini, kami sudah banyak berdiskusi bersama Kepalo Tiyuh Panaragan bapak Zaibun dan Camat Tulang Bawang Tengah untuk menyusun rangkaian persiapan bedah rumah milik Ibu Janda kelahiran Panaragan, 31 Desember 1965 ini,\” jelasnya.

Dia menambahkan, anggaran ini berasal dana zakat, infaq dan shadaqoh yang diperoleh dari potongan gaji pegawai. \”Ya, setiap bulan, Aparatur Sipil ( ASN) di Tubaba mengeluarkan 2,5 persen dari gajinya untuk kemudian di serahkan ke Baznas,\” tambah Aris, sapaan akrabnya.

Baca Juga  Warga Margodadi dan Waysido Minta Pemkab Perbaiki Jalan

Sementara itu Kepalo Tiyuh Panaragan, Zaibun mengpresiasi terhadap program Baznas ini dan  mengerahkan warganya untuk merehab rumah tidak layak dan bisa jadi contoh bahwa tiyuh ini masih punya nilai gotong royong yang kuat.

\”Terima kasih kepada Baznas atas usaha merehab rumah tersebut menjadi layak huni,\” singkatnya. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *