oleh

Banjir Prestasi, Lambar Bidik Tuan Rumah Porprov 2021

Lampung Barat (Netizenku.com): Keseriusan Pengurus Kabupaten Cabang Olahraga (Pengkab Cabor) se-Kabupaten Lampung Barat  (Lambar) untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi  (Porprov) IX Lampung 2021, ditunjukkan dengan pembinaan yang aktif, terutama atlit usia dini.

Berkat pembinaan secara rutin dan terukur, beberapa cabang olahraga sudah menunjukan prestasi dalam turnamen tingkat provinsi Tahun 2018, bahkan Cabor Ikatan Pencak Silat Indonesia  (IPSI) memborong delapan medali emas, 6 perak dan dua perunggu pada turnamen yang dilaksanakan Pemprov IPSI Lampung.

Selain itu, beberapa cabor juga sudah mengharumkan nama Lambar pada event tingkat Provinsi Lampung 2018, seperti Tenis Meja yang meraih juara 1 kadet putri, juara 2 pemula putri, juara 2 dan 3 pemula putra kejuaraan se-lampung tgl 17-18 Maret 2018.

Sementara Cabor Karate pada kejuaraan Inkanas Dojo Champion, menghasilkan 1 medali emas, 3 perak dan 4 medali perunggu dan Kejurda Basket U-18 Lambar meraih juara 1.

Baca Juga  Kodim-Puskesmas Fogging Lanjutan di Way Mengaku

Cabor potensial yang juga sudah meraih prestasi pada Kejurprov yakni cabang Atletik pada awal tahun lalu, yang juga mempersembahkan medali emas, perak dan perunggu. Terkait prestasi Lambar pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL), Cabor Badminton mendapat 1 medali emas tunggal putri dan medali perunggu tunggal putri, serta beberapa Cabor lain yang menuai prestasi memuaskan.

Terkait berbagai prestasi membanggakan tersebut, ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lambar, Devy Sukartono, merasa bangga dengan raihan prestasi yang dari beberapa cabor yang melakukan pembinaan dengan baik dan terukur.

\”Semua prestasi tersebut sangat membanggakan, dan saya meyakini apabila seluruh cabor melakukan pembinaan dengan baik, tentu akan lahir atlit-atlit Lambar yang berprestasi, bahkan hingga tingkat nasional,\” ujarnya, Jumat (11/5).

Baca Juga  Sambut Ramadan 1442 H, POC Chapter Lampung Bagikan 1.001 Al-Qur’an

Menurut Devy, pola penyaluran dana hibah dari Pemkab Lambar Tahun 2018, kepada Pengkab berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, kata dia, KONI mendukung Pengkab yang memiliki program latihan yang baik dan rutin, dan hasilnya sudah mulai terlihat.

\”Kalau tahun sebelumnya kita kucuran secara gelondongan, pengelolaan penuh ada pada Pengkab, dan kelemahannya KONI tidak bisa melakukan pengawasan termasuk apakah Pengkab tersebut mempunyai program latihan atau ikut turnamen. Dan Alhamdulillah sekarang hasilnya lebih baik dan Pengkab mulai menunjukkan prestasi,\” jelas Devy.

Sementara Sekretaris Pengkab PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Lambar, Ahmad Darmawan, mengaku raihan tiga medali emas pada Porprov VIII lalu menjadi pemicu semangat untuk terus melahirkan atlit berprestasi.

Baca Juga  Diguyur Hujan Lebat Gorong-gorong Pekon Kubukuli Hanyut

Apalagi, kata dia, Lambar berniat menjadi tuan rumah Porprov IX Lampung 2021, untuk itu IPSI Lambar akan menyiapkan atlit dari sekarang, sehingga kalau benar Lambar sebagai tuan rumah, akan sukses sebagai penyelenggara dan sukses dalam bidang prestasi.

\”Kami sangat mendukung Lambar tuan rumah Porprov IX Lampung, dan kami yakin Lambar akan sukses sebagai tuan rumah yang baik dan akan meraih prestasi tertinggi dan melahirkan atlit-atlit binaan sendiri,\” kata Mad Darmawan.

Dijelaskan Darmawan, pada Kejurda Atletik 30-31 Maret lalu, Lambar meraih juara 1 lompat tinggi remaja putra  Adia Tirta, juara 1 cakram remaja putra  Salikin, juara 2 lari 400 meter putri Silvia, juara 3 lompat tinggi junior putri  Annisa Winda Yanti dan juara 3 tolak peluru putra Salikin. (Iwan)

Komentar