AKP Dyvia Ungkap Kasus Pencurian pada Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi

Leni Marlina

Senin, 24 Juni 2024 - 17:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

AKP Dyvia Adrianto, PPIH unsur Polri, berhasil mengungkap kasus pencurian terhadap jamaah haji di Arab Saudi. (Ist/NK)

AKP Dyvia Adrianto, PPIH unsur Polri, berhasil mengungkap kasus pencurian terhadap jamaah haji di Arab Saudi. (Ist/NK)

Liwa (Netizenku.com): AKP Dyvia Ardianto, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2024 dari unsur Polri, berhasil mengungkap kasus pencurian dengan korban tiga orang jamaah haji asal Indonesia di Arab Saudi.

Dyvia, yang dikonfirmasi via pesan watssapp, mengatakan, Minggu (23/6/2024), dia mendapatkan laporan dari tiga orang jamaah haji asal Jombang Jawa Timur Kloter SUB 62, yang menginap di salah satu hotel di wilayah Misfalah Arab Saudi, kehilangan uang yang tersimpan di tas masing-masing.

“Saya dapat laporan Pukul 09.39 waktu setempat, dari ketua Kloter SUB 62, melalui pesan whatsapp, bahwa ada jamaah haji yang kehilangan uang, setelah petugas hotel melakukan penyemprotan,” kata dia.

Mendapat laporan tersebut, kata Dyvia, dia bersama LO mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP), hotel tempat para jamaah menginap, tepatnya kamar 712, 713 dan 714, serta meminta keterangan para korban dan saksi-saksi.

Baca Juga  Terimakasih Indah untuk Bupati Lambar

“Setelah melakukan olah TKP, serta mendengar keterangan para korban dan saksi, saya bersama LO menemui manager hotel, dan secara langsung meminta pihak hotel membuka CCTV dalam rangka mengungkap kasus pencurian tersebut,” jelasnya.

Berdasarkan rekaman CCTV, kata mantan Kasat Intelkam Polres Lampung Barat tersebut, pukul 11.00 WAS datang dua petugas kebersihan, yang diantaranya sangat dikenal wajahnya oleh saksi.

“Modus yang dilakukan salah satu petugas hotel tersebut, bahwa akan dilakukan penyemprotan kamar, dan semua jamaah disuruh keluar kamar, setelah selesai jamaah langsung memeriksa tas masing-masing, ternyata ada yang kehilangan uang,” ungkapnya.

Baca Juga  Ratusan Rider Taklukkan Jalur Private Enduro Two Day

Menurut dia, oknum petugas kebersihan yang diduga pelaku tersebut hanya mengincar uang Riyal saja, dan untuk mata uang Indonesia hanya dibuka-buka saja bahkan ada amplop dan dompet dirobek (dirusak oknum petugas kebersihan) demi mencari keberadaan uang Riyal.

“Yang diambil pelaku hanya mata uang Riyal, milik korban M (65), M (60) dan N (51) ketiganya asal Jombang, dengan total uang yang dicuri milik tiga orang korban tersebut, sebanyak 800 Riyal atau setara Rp3.440.000,” kata dia.

Lanjutnya, terduga pelaku langsung diminta keterangan oleh manajer hotel di ruangannya, dan pihak hotel langsung mendatangi semua korban di kamar hotel dan meminta maaf atas kejadian tersebut. Uang para jamaah diganti sepenuhnya, serta pihak hotel meminta untuk kasus ini tidak dilanjutkan ke proses hukum.

Baca Juga  TMMD Wujudkan Fasilitas MCK Masjid Baiturrahman

“Kami minta maaf atas ketidaknyamanan para jamaah, untuk kasus ini agar tidak dilanjutkan ke proses hukum dan cukup sampai di sini saja. Kami bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian yang menimpa para korban atau jamaah haji asal Indonesia. Sekali lagi kami dari pihak hotel minta maaf kepada jamaah khusunya warga Indonesia pada umumnya,” ujar pihak hotel.

AKP Dyvia juga mengingatkan para jamaah selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci harus lebih berhati-hati, khususnya dalam menyimpan uangnya masing-masing, serta pentingnya saling mengingatkan satu dengan yang lain untuk tidak mudah mengikuti perintah petugas di hotel, apalagi jika sudah ingin memasuki kamar jamaah, dan jangan ragu untuk berkoordinasi dengan petugas. (Iwan)

Berita Terkait

Ribuan Masyarakat Suoh Hadiri Pengajian Akbar MTBM
PSHT Lambar Mengesahkan 837 Warga Baru Angkatan 39
Jokowi dan Mukhlis Sejalan Kembangkan Produktifitas dan Kualitas Kopi
Jokowi Obati Kerinduan Masyarakat Lambar ke Presiden Setelah 30 Tahun
Mukhlis Basri Masuk Daftar Anggota Pansus Angket Pengawasan Haji DPR RI
Mukhlis Basri Apresiasi Wacana Kedatangan Jokowi ke Lambar
Kebun Kopi Terbaik Lampung Barat Akan Ditunjukkan Kepada Jokowi
Jumat, Presiden RI Diagendakan Kunjungi Lambar

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:22 WIB

Tradisi Seharga Nyawa

Selasa, 9 Juli 2024 - 17:14 WIB

Tukang Fotokopi Pun Tahu Itu

Minggu, 7 Juli 2024 - 16:12 WIB

Jiwa Binatangnya Tertinggal

Minggu, 7 Juli 2024 - 10:50 WIB

Kala Timnas Pusat Singkirkan Saudara Muslim

Selasa, 2 Juli 2024 - 18:36 WIB

Masih Belum Puas Dijajah Selama 350 Tahun?

Minggu, 30 Juni 2024 - 15:21 WIB

Jurnalisme di Persimpangan

Berita Terbaru

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Senin, 15 Juli 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 02:48 WIB

Politik

Koalisi Partai Non Parlemen Tubaba Resmi Dukung NONA

Minggu, 14 Jul 2024 - 19:11 WIB

Sekretaris Disdkbud Lampung, Tommy Efra Hamdarta. (Foto: Ist)

Lampung

Disdik Lampung Klaim Tidak Ditemukan Kecurangan Saat PPDB

Minggu, 14 Jul 2024 - 17:06 WIB

Polres Lamteng meningkatkan kegiatan preventif seperti Patroli KRYD di lokasi yang dianggap rawan aksi kriminalitas, Minggu (14/7/2024). (Asep/NK)

Lampung Tengah

Cegah Kejahatan Jalanan, Patroli KRYD Polres Lamteng Ditingkatkan

Minggu, 14 Jul 2024 - 16:49 WIB