BERBAGI

Bandarlampung (Netizenku.com): Universitas Muhammadiyah Lampung (UML), sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya, sebagaimana ada dalam pedoman dan pengelolaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang diturunkan dalam darma.

Wakil Rektor III, M Solihin M.Pd.I, mengutarakan UML baru saja melaksanakan Al Islam dan Kemuhammadiyahan, yang merupakan darma Perguruan Tinggi yang ke-4 dan diturunkan menjadi visi ke-4 UML.

“Salah satunya melaksanakan Al Islam dan Kemuhammadiyahan secara berkesinambungan, oleh karena itu Baitul Arqom (BA) merupakan sarana mewujudkan visi. Namun demikian, dengan terlaksananya BA bukan berarti visi telah selesai,” kata dia saat mewakili Rektor UML, Dr Dalman M.Pd dalam acara penutupan BA bagi Pimpinan, Dosen, dan karyawan, Minggu (8/9).

Dilanjutkannya, BA merupakan tahap awal untuk memulai visi, yang berperan membangun dakwah melalui PTM. Setiap yang ada di PTM, baik Pimpinan, Dosen, Karyawan, merupakan ujung tombak dakwah Muhammadiyah.

“Bagaimana mau berdakwah jika pribadi belum mampu memahami Muhammadiyah dan pergerakannya, supaya bisa berdakwah secara benar khususnya dosen ke mahasiswa. Nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan, harus mulai di masukkan,” imbuhnya.

Sementara, Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung, Eko Budi Sulistio,  M.AP mengapresiasi peserta BA periode 3 UML, pihaknya akan lebih maksimal menerapkan proses BA sesuai SOP yang dimiliki.

“Jika tidak mengikuti 1 materi saja saat BA, maka dinyatakan tidak lulus, ini bukan aturan yang kami buat-buat tetapi sudah berdasarkan ketentuan,” katanya.

Ketua PPSI UML, Arizal Eka Putra MPdi, mengutarakan peserta yang mengikuti BA hingga akhir berjumlah 22 orang,  2 orang dari UM Metro, dan sisanya Pimpinan, Dosen dan Karyawan UML.

“Dari jumlah peserta yang teregistrasi online 33 orang, namun ada yang tidak dapat mengikuti kegiatan hingga akhir, karena sakit, tidak hadir dan sebagainya,” ujarnya.

Dilanjutkannya, pihaknya akan segera melaksanakan BA tahap 4 yang akan diselenggarakan pada Desember mendatang. Sehingga bagi peserta yang belum lulus dapat mengikuti BA tersebut. Sementara ini, setidaknya 70 persen Pimpinan, Dosen, dan Karyawan UML sudah mengikuti BA. (Leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here