oleh

TPA Bakung Batal Diperluas, Walhi: Solusi Terbaik Pindah Lokasi

Bandarlampung (Netizenku.com): Rencana perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung sejak tahun 2017 gagal terealisasi. Pemerintah Kota Bandarlampung telah membatalkan rencana perluasan TPA tersebut. Sementara Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung menilai, solusi terbaik adalah melakukan perpindahan lokasi.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung, Sahriwansyah, pembatalan rencana perluasan TPA Bakung dikarenakan Pemerintah Kota Bandarlampung yang enggan mengambil resiko terjadinya konflik dalam pembebasan lahan.

“Jadi kita tidak akan melaksanakan itu karena itu sangat berbahaya dalam rangka pembelian tanah tersebut kita dikhawatirkan timbul suatu masalah yang berkelanjutan,” kata Sahriwansyah.

Baca Juga  Videotron di Gedung Parkir Pemkot Bandarlampung Tayangkan Iklan Rokok

Sahriwansyah mengklaim, TPA Bakung masih dapat menampung sampah hingga 10 sampai 15 tahun ke depan setelah melakukan perbaikan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Dinas PU setempat.

“Masih bisa menampung, kita masih menunggu block cover, apabila sudah pasang maka sampah kita akan dalam kondisi aman sampai 10 sampai 15 tahun, karena ada aliran air di situ akan kita tutup di tahun ini melalui dinas PU,” jelasnya.

Baca Juga  Gantikan ABN, Cholva Minta Doa Kepada Masyarakat

Direktur Walhi Lampung, Irfan Tri Musri, menyampaikan bahwa TPA Bakung sudah tidak layak menampung limbah masyarakat Kota Bandarlampung.

“Kalau misalkan tidak jadi diperluas dan tidak ada solusi lain berarti Pemkot Bandarlampung angkat tangan dong? Berarti Pemkot mengabaikan terjadinya kerusakan-kerusakan yang telah terjadi selama ini, seperti longsor, aroma yang tidak sedap ke pemukiman, sampai dengan pencemaran,” ujarnya, Minggu (7/6).

Baca Juga  Eva Dwiana: PTM terbatas dengan prokes tunggu PPKM Level 3

Irfan menjelaskan, TPA Bakung memang tidak pantas untuk diperluas. Alternatifnya harus adanya pemindahan lokasi yang lebih ramah dan aman lingkungan. Sebab, apabila TPA Bakung diperluas, maka akan menambah beban terhadap pencemaran lingkungan.

“Oleh sebab itu memang sudah tidak pantas lagi jika mau diperluas, terlbih jika tidak ditambah dengan metode yang berkelanjutan. Seharusnya Pemerintah Kota bandarlampung sudah membuat TPA  baru yang dilengkapi dengan infrastruktur yang pantas,” pungkasnya. (Adi)

Komentar