Senin Awal Bulan Rajab, Apa Saja Keistimewaannya?

Bandarlampung (Netizenku): Beruntunglah kita yang masih diberi umur panjang, sehingga bisa memasuki bulan Rajab yang dimulai pada Senin (19/3/2018).

Jika ditelaah, menurut kalender Hijriyah (kalender Islami), bulan Rajab termasuk satu dari empat bulan mulia. Adapun keempat bulan mulia (haram) yang dimaksud ialah Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

Kendati demikian dalam sebuah video ceramahnya Ustadz Abdul Somad menyebutkan, tak ada ketentuan khusus yang disebutkan dalam Alquran atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan di bulan ini.

Baca Juga  Sekda Pimpin Deklarasi Final Materi Teknis Perairan Pesisir Provinsi Lampung

“Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, tetapi tak ada disebutkan tentang amalan khususnya. Cuma disebutkan secara umum yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram. Haram di sini berarti mulia, berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, berarti kehormatan, mulia. Jadi bulan-bulan haram itu artinya adalah bulan-bulan mulia,” jelasnya.

Selama Rajab, sambung Abdul Somad, selain berpuasa, kita bisa menghiasinya dengan amalan-amalan baik lainnya. Seperti berzikir, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya. (Youtube)

Baca Juga  2020, DD Lamtim dapat Tambahan Rp11 M

Komentar