BERBAGI

Pringsewu (Netizenku.com): Satlantas Polres Pringsewu menggelar Operasi Patuh Krakatau 2020 hari kelima di Jalan Lintas Barat, Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagelaran, Senin (27/7).

Mewakili Kapolres Pringsewu, AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK, Kasat Lantas yang diwakili Kanit Regident, Ipda Hendrik, mengatakan sasaran pada pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau kali ini diprioritaskan terhadap empat jenis pelanggaran lalu lintas. Meliputi, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, pengendara kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak menggunakan safety belt, pengendara motor yang masih di bawah umur dan pengendara motor yang tidak mematuhi rambu lalu lintas.

Lanjut Ipda Hendrik, dalam pelaksanaan operasi, bagi pengendara atupun penumpang yang melakukan pelanggaran tetapi tidak berpotensi menyebabkan kecelakaan hanya dilakukan teguran, baik secara lisan maupun tertulis, sedangkan pelanggaran yang berpotensi laka lantas tetap diberikan tindakan tilang, dan yang tidak mematuhi protokol kesehatan diberikan imbauan dan kemudian dibagikan masker secara gratis. Dalam pelaksaanaanya pihaknya lebih menekankan pada upaya premtif dan prefentif saja,” ungkapnya.

“Tujuan dari Operasi Patuh Krakatau 2020 ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat tentang taat berlalu lintas, mengurangi angka kecelakaan dan membantu program pemerintah dalam rangka mendisplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan, dan pencegahan penyebaran c
Covid-19,” ujarnya.

Selama pandemi virus Corona atau Covid-19 masih ada di Kabupaten Pringsewu, kepolisian dalam melaksanakan operasi tetap dengan menggunakan standar protokol kesehatan, menggunakan masker, sarung tangan dan menjaga jarak dengan pelanggar.

“Operasi akan dilakukan di lokasi-lokasi yang rawan terhadap pelanggaran, potensi penyebab kecelakaan dan kemacetan lalulintas,” jelasnya.

Jajaran Satlantas Polres Pringsewu akan melakukan Operasi Patuh Krakatau 2020 selama 14 hari ke depan. Operasi dimulai pada Kamis 23 Juli 2020 sampai dengan Rabu 5 Agustus 2020 di seluruh Indonesia. (Rz/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here