Rektor ITERA Paparkan Inovasi Riset untuk Pemberdayaan Masyarakat

Leni Marlina

Kamis, 21 Desember 2023 - 15:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lampung Selatan (Netizenku.com): Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, memaparkan berbagai inovasi riset yang dilakukan ITERA sepanjang tahun 2023 yang diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, hingga pemberdayaan petani dan masyarakat di daerah.

Hal tersebut disampaikan Rektor di hadapan puluhan jurnalis dalam Ekspose Kinerja ITERA Tahun 2023, dan Temu Awak Media, di Gedung C ITERA, Kamis (21/12/2023).

Turut hadir mendampingi rektor, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Dr. Ir. Rahayu Sulistyorini, S.T.,M.T., Kepala Biro Perencanaan Umum dan Akademik drh. Sri Sulustiawati, M.M., dan Koordinator Kesekretariatan, Humas dan HTL Rahmattullah Harianja, S.T.Par., M.M.Par.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rektor menyampaikan, setelah terpilih sebagai Rektor ITERA periode 2022 – 2026, dirinya menginginkan kehadiran ITERA dapat memberikan dampak langsung bagi masyarakat daerah, khususnya di Provinsi Lampung, Sumatera, dan Indonesia, melalui riset dan inovasi yang dilakukan.

Baca Juga  Miris dengan Kondisi Masyarakat, Seniman Jalanan Dirikan Taman Baca

“Berangkat dari keresahannya setelah diskusi langsung dengan Gubernur Lampung, Rektor bertekat ITERA hadir mendukung pembangunan daerah khususnya di bidang pertanian dan ketahanan pangan. Khusus di bidang pertanian, ITERA menawarkan pemanfaatan pupuk organik yang dihasilkan dari Integrated Waste and Agro Center ITERA (IWACI),” katanya.

Rektor menambahkan, pupuk yang dihasilkan tersebut telah diuji coba di beberapa daerah di Lampung, hingga luar daerah, dan dinilai mampu menurunkan ketergantungan petani dengan pupuk anorganik hingga 50%.

“Pusat pengelolaan sampah terintegerasi atau IWACI ITERA, saat ini juga masih terus dikembangkan dan sempurnakan, sebagai sistem pengelolaan sampah masa depan, yang dapat direplikasi oleh pemerintah daerah,” ungkapnya.

Rektor menyebut, masih banyak riset dan inovasi yang sedang dan akan dilakukan para dosen ITERA, yang diharapkan dapat mendorong hilirisasi produk sumber daya alam yang dimiliki setiap daerah di Lampung, dan Sumatera.

Baca Juga  Jauh Dari Demokrasi, Mahasiswa Lamsel Tolak UU MD3

Di sisi ketahanan pangan, Rektor juga menyampaikan, ITERA melalui program studi yang dimiliki mendorong inovasi di bidang pengelolaan singkong seperti inovasi mi singkong tanpa harus melalui pengolahan singkong menjadi tepung. Sebagaimana diketahui, Provinsi Lampung adalah daerah penghasil singkong terbesar di Indonesia. Namun, hal ini belum diimbangi dengan hilirisasi produk singkong.

“Kami sudah melatih masyarakat di Labuhan Maringgai, Lampung Timur untuk membuat mie singkong. Sementara untuk pupuk kami juga sudah melakukan uji coba langsung kepada petani di Lampung Selatan, dan hasilnya sangat efektif,” ujarnya.

Rektor menjelaskan, masih banyak riset dan inovasi yang sedang dan akan dilakukan para dosen ITERA, yang diharapkan dapat mendorong hilirisasi produk sumber daya alam yang dimiliki setiap daerah di Lampung, dan Sumatera.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Dr. Ir. Rahayu Sulistyorini, S.T.,M.T. menambahkan, sebagai komitmen kuat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ITERA juga telah mempelopori pembentukan gerakan Wakaf IPTEK pertama di Indonesia.

Baca Juga  Sebanyak 2.971 Peserta Lolos SBMPTN ITERA

“Gerakan ini memberikan kesempatan masyarakat turut berpartisipasi mendukung pengembangan IPTEK yang dilakukan oleh ITERA. Selain itu, sebagai komitmen peningkatan riset dan inovasi, pada anggaran tahun 2024 ITERA menambah dana penelitian sebesar 15 miliar,” paparnya.

Dalam kesempatan yang menjadi ajang silaturahmi ITERA dan awak media tersebut, Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha juga menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada awak media yang selalu ada dan mendukung perkembangan ITERA.

“Sebagai tanggung jawab ITERA sebagai instansi publik, sehingga setiap informasi perlu kami sampaikan dan semoga dapat dimanfaatkan masyarakat. Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas, dan setiap potensi yang ada di dalam kampus tentunya melalui informasi dari rekan-rekan media,” kata Rektor. (Rls/Len)

Berita Terkait

Kakanwil Kemenkumham Lampung Silaturahmi dan Buka Bersama Media
PMII Cabang Bandarlampung Segera Gelar Pelantikan
PMII Pertanian dan TANGAN Lampung Bersinergi Hijaukan Tanjung Sari
Kanwil Kemenkumham Lampung Ngobras Perkuat Sinergi dan Kolaborasi
PMII Rayon Pertanian Gelar RTAR
Wali Murid Sekolah Alam Al-Karim Peringati Hari Guru
Reuni Akbar SMAN 3 akan Dihadiri Tokoh Pemerintahan dan Artis Alumnus
Pasca Jadi Bahasa Resmi UNESCO, Ini Tindak Lanjut Kantor Bahasa Provinsi Lampung

Berita Terkait

Minggu, 7 April 2024 - 06:00 WIB

PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H

Jumat, 5 April 2024 - 08:35 WIB

PGN Pastikan Layanan Gas Bumi Aman dan Handal Selama Idul Fitri 1445 H

Kamis, 4 April 2024 - 00:34 WIB

Pernyataan Pelantikan PMII Balam Ditunda Salah, Rama Azizul: Dapid Novian Mastur Sah Dilantik

Selasa, 2 April 2024 - 22:02 WIB

Kolaborasi CCEP-Pondok Pesantren Bangun Kesadaran Lingkungan

Selasa, 2 April 2024 - 21:58 WIB

IHK Gabungan di Lampung pada Maret Tercatat Inflasi 0.36 Persen

Minggu, 31 Maret 2024 - 16:20 WIB

UPTD PPPA Balam Optimalisasi Pelayanan

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:33 WIB

Humanika Balam Deklarasikan UA

Jumat, 29 Maret 2024 - 17:11 WIB

PMII Cabang Bandarlampung Segera Gelar Pelantikan

Berita Terbaru

Pesawaran

Hujan Deras Guyur Pesawaran, Beberapa Wilayah Tergenang Banjir

Jumat, 12 Apr 2024 - 19:31 WIB

Celoteh

Petuah Margaret Thatcher dan Peluang Umar Ahmad

Senin, 8 Apr 2024 - 04:10 WIB

Bandarlampung

PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H

Minggu, 7 Apr 2024 - 06:00 WIB