Polisi Militer Gelar Karya Bhakti dan Bakti Sosial di Pringsewu

Redaksi

Senin, 14 Juni 2021 - 18:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pringsewu (Netizenku.com): Detasemen Polisi Militer Kodam II/3 Lampung melaksanakan kegiatan Karya Bhakti dan Bakti Sosial yang dipusatkan di Monumen Gajah Mada, Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Senin (14/6).

Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Corps Polisi Militer ke-75 ini, dihadiri oleh Wakil Bupati Pringsewu DR.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA, Komandan Detasemen Polisi Militer Kodam II/3 Lampung, Letkol CPM Hanri Wira Kusuma, serta sejumlah pejabat Polisi Militer dan Pemkab Pringsewu, serta pamong dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Komandan Detasemen Polisi Militer Kodam II/3 Lampung, pihaknya sengaja datang ke Monumen Gajah Mada Panggungrejo, Pringsewu, adalah untuk mengingat perjuangan Bapak Mustaja, sebab karena berkat perjuangannya, Corps Polisi Militer ada di Lampung.

“Waktu masa perjuangan dulu, masih gabungan Kompi C Garuda, yang semua komposisinya adalah Polisi Militer, dan bertahan di daerah Panggungrejo,” katanya.

Letkol CPM Hanri juga mengungkapkan hubungan antara Gajah Mada dengan Polisi Militer, serta sejarah digunakannya simbol Gajah Mada oleh Corps Polisi Militer.

“Awal mula, sesepuh-sesepuh Polisi Militer, pada saat mau mencari Panca Dharma Corps, saat bersemedi, terdengar suara Gajah Mada yang mengatakan mengenai Panca Dharma yaitu Kesatria, Bijaksana, Pantang mundur, Kebesaran hati dan Kejujuran. Sehingga kemudian, Panca Dharma tersebut diambil oleh sesepuh Polisi Militer, serta dijadikan sebagai Panca Dharma Corps Polisi Militer,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa antara Polisi Militer dengan Gajah Mada ini mempunyai hubungan yang erat, sehingga dipakai simbol Gajah Mada. Selain itu, beliau adalah orang yang telah mempersatukan Nusantara. Pihaknya juga menyatakan patut berbangga dan berterima kasih kepada tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta pemerintah dan Forkopimda Pringsewu yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

Baca Juga  Fauzi: Teknologi Informasi Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19

“Kepada wakil bupati Pringsewu, harapannya Panggungrejo bisa dijadikan daerah binaan khusus. Kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial dalam rangka HUT Polisi Militer di lokasi ini terakhir dilaksanakan pada tahun 1997 dan kembali dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Maka dari itu, mulai saat ini, saya canangkan, setiap HUT Polisi Militer kita wajib untuk datang ke Tugu Gajah Mada dan melaksanakan Karya Bhakti serta Bhakti Sosial di Panggungrejo. Tugu ini juga akan menjadi catatan generasi Polisi Militer. Kalau di Jawa Timur punya Trowulan, maka di Lampung punya Panggungrejo. Ini akan menjadi sejarah terus menerus, dan setiap tahun pada peringatan HUT Polisi Militer, kita akan datang ke Panggungrejo, Pringsewu ini,” tuturnya.

Baca Juga  Deklarasi Pemilu Damai, Kapolres Pringsewu Ajak Jaga Kondusifitas Keamanan

Sementara itu, Fauzi sangat mendukung diselenggaranya kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial Detasemen Polisi Militer Kodam II/3 Lampung, serta menyatakan senang dan bangga, kegiatan dalam rangka HUT Polisi Militer tersebut dilaksanakan di tempat yang sangat bersejarah bagi perjalanan dan keberadaan Corps Polisi Militer di Provinsi Lampung. (Rz/len)

Berita Terkait

Kadis Kominfo-PWI Pringsewu Hadiri Puncak Peringatan HPN 2024
Oknum Satpam dan Pengedar Sabu Ditangkap Petugas Satnarkoba Polres Pringsewu
Rombongan PWI Pringsewu Ikuti HPN 2024 di Jakarta
Polres Pringsewu Amankan Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024
Tahanan Polres Pringsewu Salurkan Hak Pilih pada Pemilu 2024
Polres Pringsewu Amankan Distribusi Logistik Pemilu
HPN 2024, Kapolres Pringsewu Apresiasi Peran Insan Pers dalam Demokrasi
Almira Ajak Masyarakat Salurkan Hak Suara dan Tidak Golput

Berita Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:00 WIB

Gubernur Arinal Ajak TPID Bersatu Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:38 WIB

Pemprov Lampung Proyeksikan Penambahan Irigasi Hingga 73 Ribu Hektare

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:31 WIB

Ketika Kalteng Berguru Pertanian pada Lampung

Selasa, 20 Februari 2024 - 18:00 WIB

Kemantapan Jalan Lampung Capai 78,68 Persen pada 2023

Minggu, 18 Februari 2024 - 20:09 WIB

Gubernur Turun Tangan, Tak Sudi Warga dan Petani Jadi Korban

Minggu, 18 Februari 2024 - 20:01 WIB

Stok Beras Bulog Lampung Aman Hingga Idulfitri

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:59 WIB

Aman, Ketersediaan Beras di Pasar Tradisional Lampung Terjaga

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:54 WIB

Hampir 11 Ribu Ton Subsidi Jagung LN Disalurkan Ke Peternak Unggas

Berita Terbaru

Lampung Barat

Bambang Kusmanto Kantongi Suara Terbanyak Dapil Lambar 1

Rabu, 21 Feb 2024 - 13:21 WIB

Gambar hanya ilustrasi.

Celoteh

Maestro Diplomasi Meja Makan

Selasa, 20 Feb 2024 - 22:39 WIB