oleh

Pemkot Wacanakan TPA Bakung Jadi PLTSa

PlBandarlampung (Netizenku.com): Pemerintahan Kota (Pemkot) Bandarlampung tengah merencanakan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Dalam pelaksanaannya, diketahui akan dilakukannya Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam mewujudkan langkah tersebut.

Hal itu diungkapkan Walikota Bandarlampung, Herman HN, usai memberi sambutan pada rapat koordinasi proyek KPBU di Kota Bandarlampung, Hotel Novotel, Senin (23/9).

Baca Juga  Usung Urban Etnik, LKF 2019 tak Gunakan EO

\”Rencana lagi dicek pak dirjen hari ini atau besok. Mungkin bisa TPA Bakung lebih baik lagi kedepan.\” kata dia.

Menurut Herman, selain untuk memperbaiki pengelolaan sampah di TPA setempat, inovasi ini akan membuat sampah lebih bermanfaat.

\”Kita akan perbaiki supaya ada manfaatnya soal pengolahan sampah mungkin jadi gas atau aliran listrik atau apa. Saya yakin ini bisa berjalan dengan baik.\” ujar Herman.

Baca Juga  Dinkes Lampung Distribusikan Vaksin Sinovac ke 3 Kabupaten/Kota

Sementara, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian PUPR, Eko Heripoerwanto, mengatakan, pihaknya bertugas memastikan bahwa proyek KPBU itu berjalan dengan baik. Baik yang sudah dimulai ataupun yang akan dimulai berjalan dengan lancar.

\”Jadi tugas kami memastikan proyek KPBU dengan sektor PUPR itu berjalan dengan lancar. Kalau ada hambatan atau kendala kita akan coba cari jalan keluarnya.\” terangnya.

Baca Juga  Dinsos Beberkan Mekanisme Penerimaan PKH

Salah satunya, lanjut Eko, pengelolaan sampah di TPA Bakung menjadi PLTSa,\”Kita akan coba cari formulanya. Pelaksanaannya seperti apa.\” jelasnya.

Namun, sementara ini pihaknya dan pemerintah setempat tengah berkoordinasi terkait sistematis yang lebih mendalam.

\”Nanti akan kita matangkan dalam rapat ini, kemudian akan kita tawarkan ke investor formulanya seperti apa.\” tukasnya. (Adi)

Komentar