oleh

Pemkab Tubaba Mulai Laksanakan Musrenbang Tingkat Kecamatan

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mulai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, dalam rangka menentukan arah pembangunan tahun 2023 mendatang.

Musrenbang tahun 2022 ini diawali di dua kecamatan yakni Kecamatan Batu Putih, dan Kecamatan Gunung Terang yang dipimpin langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Pemkab Tubaba Rasidi SH, Kepala Bappeda Yudiansyah, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Tubaba Ir Umar Ahmad SP, mengatakan Musrenbang ini dalam rangka menyiapkan rencana prioritas kegiatan tahun 2023. Perencanaan ini tentu harus melalui serangkaian sinkronisasi dan koordinasi, mulai dari urusan rencana kerja di tingkat tiyuh, kecamatan, hingga nanti dirangkum sebagai usulan kerja kabupaten.

“Perlu diketahui APBD Tubaba tahun 2022 ini sebesar Rp847,9 miliar. Pemkab telah berupaya merealisasikan penggunaan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan, terutama dalam penanganan kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial, dan penanganan dampak ekonomi yang disebabkan Pandemi Covid-19,” kata bupati dalam sambutan yang disampaikan Rasidi.

Baca Juga  Kemendagri Serahkan Kode Desa Enam Tiyuh Persiapan Tubaba

Bupati berharap, fokus utama pembangunan pada tahun 2023 mendatang menitik beratkan pada peningkatan kualitas SDM, pemberdayaan masyarakat melalui jaring pengaman sosial dan pengembangan ekonomi. Peningkatan infrastruktur. Pengembangan kebudayaan dan kepariwisataan, serta peningkatan bidang keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dalam pelaksanaan pembangunan ini, tentunya partisipasi dan peran aktif seluruh aparatur dan lapisan masyarakat sangat diperlukan sehingga apa yang menjadi harapan kita dapat tercapai,” harapnya.

Dalam Musrenbang ini, lanjut bupati, diharapkan muncul ide dan gagasan terbaik dalam menggali potensi di wilayahnya masing-masing baik itu potensi hasil bumi, hasil ekonomi kreatif, budaya hingga potensi pariwisata lokal yang kini sudah menjadi ciri khas Tubaba.

Baca Juga  Sukses, Wabup Tutup Festival Tubaba ke-3

“Dengan menemukan potensi itu dan fokus dalam pengembangannya, saya yakin di tiap kecamatan nanti memiliki perannya masing-masing dalam upaya membangun Tubaba,” tutupnya.

Sementara Yudiansyah mengatakan, Musrenbang Kecamatan ini dilaksanakan untuk menyinkronkan hasil Musrenbang tingkat tiyuh-tiyuh yang telah selesai pada minggu lalu dengan program dan kegiatan setiap OPD. Selain itu, juga mendengar langsung apa yang dinginkan dan diharapkan masyarakat untuk ditampung dan dipilah mana yang menjadi skala prioritas masuk dalam RKPD.

Menurut Yudi, forum Musrenbang merupakan program tetap yang dilaksanakan setiap tahunnya, dan merupakan bagian tak terpisahkan dari mekanisme perencanaan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Raperda tentang RPJPD, RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Baca Juga  BPPRD Tubaba Naikkan Target PAD dalam APBD Perubahan 2022 Sektor Pajak

“Dengan kegiatan Musrenbang, diharapkan dapat menghasilkan rencana pembangunan kabupaten yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ulasnya.

Dia memaparkan untuk jadwal Musrenbang tingkat kecamatan, lanjut dia, dilaksanakan mulai 25 Januari sampai 2 Februari 2022 mendatang, Musrenbang ini dimulai dari Kecamatan Batu Putih dan Gunung Terang (25/1), Kecamatan Tulangbawang Udik dan Tumijajar (26/1), Kecamatan Gunung Agung dan Way Kenanga (27/1), Kecamatan Lambu Kibang dan Pagar Dewa (28/1), dan terakhir di Kecamatan Tulangbawang Tengah pada 2 Februari 2022.

“Hasil Musrenbang tingkat kecamatan ini, paling lambat harus disampaikan Bupati melalui Bappeda Tubaba pada 17 Februari 2022. Sebab, sebelum kita menggelar Musrenbang tingkat kabupaten, terlebih dahulu kita akan menggelar Rapat Forum Perangkat Daerah (RKP) tahun 2023,” jelas Yudi. (Arie/Leni)