oleh

Pemkab Tubaba Matangkan Pelantikan Lima Kepalo Tiyuh Terpilih

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), mulai mematangkan persiapan pelantikan lima kepalo tiyuh hasil pemilihan serentak pada 16 Desember 2020.

Hari ini, para kepalo tiyuh terpilih untuk masa jabatan 2021-2027 yakni Fajar (Tiyuh Panaragan), Kamso (Penumangan Baru, Laili (Gunung Katun Tanjungan), Nurhadi (Bangun Jaya), dan Suyanta (Mulya Kencana) mendapat pembekalan calon kepalo tiyuh yang dilaksanakan bagian Tata Pemerintahan di ruang rapat, Sekretariat Daerah Kabupaten Tubaba dihadiri Asisten I, Agus Subagio, Camat Tulangbawang Tengah, Achmad Nazaruddin, Camat Gunung Agung, Marzuki, dan Camat Tulangbawang Udik, Tausin S.

Kepala Bagian Tapem Setdakab Tubaba, Mansyur Yusuf, SE.MM, mengatakan pelantikan lima kepalo tiyuh tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, namun tanggal pelantikan akan menyesuaikan jadwal kerja pimpinan di Januari 2020.

Baca Juga  Pemkab Tubaba Raih WTP ke-10 Berturut-turut dari BPK RI

\”Sebelum mereka dilantik, kita berikan pembekalan terlebih dahulu, dan kami sudah mengimbau mereka untuk tetap menjaga kondusifitas dan tidak mengeluarkan statemen di luar kewenangannya,\” kata dia, Senin (4/1).

Adapun pembekalan yang diberikan, lanjut Mansyur, pasca dilantik nanti diharapkan para kepalo tiyuh terpilih segera melakukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Rencana Kerja Pemerintah Tiyuh (RKPT) Tahun 2021, dan menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh (APBT).

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembekalan bagaimana tata cara pemberhentian dan pengangkatan perangkat tiyuh mulai dari juru tulis, kaur, kasi kepala suku/RW, RT kepada lima Kepalo tiyuh terpilih.

Baca Juga  Kerukunan Antar Umat Beragama di Tubaba Patut Dicontoh

\”Saya harapkan supaya kepalo tiyuh terpilih dapat melaksanakan tugasnya paska pelantikan nanti, yang mana tugas-tugas Kepalo tiyuh sendiri sudah menunggu,\” harap Mansyur.

Terkait rencana pelantikan, kata dia, pelaksanaannya tetap mengacu dan menerapkan protokol kesehatan, dan kegiatan akan dilaksanakan secara serentak di Kantor Bupati Tubaba.

\”Para kepalo tiyuh tidak membawa massa yang banyak, hanya membawa unsur yang terlibat seperti istri, ketua BPT, ketua panitia pemilihan. Dan sejak saat ini diharapkan sudah menyiapkan atribut-atribut untuk pelantikan,\” ulasnya.

Baca Juga  Orang Tua RS Dinyatakan Positif Covid-19 Berdasarkan Hasil Swab

Melalui pembekalan hari ini, kata dia, diharapkan para kepalo tiyuh terpilih dapat mengerti aturan terkait bagaimana proses pengangkatan dan pemberhentian paratur dan perangkat tiyuh sesuai dengan Perbup Tulangbawang Barat Nomor 49 tahun 2019 sehingga tidak sembarang mencopot dan mengganti aparaturnya.

\”Jika memberhentikan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, bisa di diskualifikasi,\” tukasnya.

Pihaknya berharap kepada para kepalo tiyuh terpilih nantinya dapat bekerja secara transparan, dan akuntabel, menfasilitasi keinginan, kepentingan, dan kebutuhan masyarakat, serta dapat melaksanakan kebijakan yang tepat untuk pembangunan dan kemajuan tiyuh dan kesejahteraan masyarakatnya. (Ar/len)

Komentar