Pemkab Tubaba Beri Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan

Redaksi

Rabu, 18 April 2018 - 14:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Dinas Perpustaan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar pelatihan petugas pengelola Perpustakaan Sekolah Dasar di balai Tiyuh Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (18/4).

Kegiatan tersebut sebagai ujian agar tenaga pengelola perpustakaan mampu menjalankan pekerjaan atau pelayanannya secara baik dan benar.

Bupati Tubaba, Umar Ahmad mengatakan, pustakawan merupakan ujung tombak dalam pengelolaan dan penyediaan layanan informasi di perpustakaan, pengelolaan perpustakaan tidak hanya menghimpun serta mengelola bahan pustaka atau buku-buku tetapi memiliki ruang lingkup yang luas menyangkut seluruh aspek kehidupan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

\”Pengelolaan perpustakaan harus memenuhi beberapa kriteria yaitu, ketrampilan, ketelitian, kerapian dan kecerdasan, sehingga semua informasi dapat diakses dengan mudah, dengan kondisi sekarang semua sudah memasuki era digital, tentu tugas pustakawan semakin berat dan juga tidak mudah,\” kata Umar, yang diwakili Asisten III Perana Putera.

Baca Juga  Pj Bupati Tubaba Saksikan Penyerahan Alsintan oleh Komisi IV DPR RI

Jika melihat perkembangan perpustakaan dewasa ini, lanjut dia, patutlah kita mensyukurinya. Bahwa perpustakaan sebagai pusat sumber baca masyarakat telah mengalami kemajuan yang menggembirakan. Demikian juga upaya membudayakan minat baca pada masyarakat telah dilakukan di berbagai tempat, baik di pusat maupun di daerah serta seluruh masyarakat.

\”Diharapkan kegiatan ini benar-benar mampu melahirkan pengelola perpustakaan yang profesional dan berkualitas sehingga dapat memberikan layanan yang optimal untuk pemustaka serta memberikan kontribusi nyata terhadap dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Bumi Ragem Sai MangI Wawai,\” paparnya.

Baca Juga  Polres Tubaba Siap Tindak Tempat Hiburan Malam dan Lapo Tuak yang Buka di Bulan Ramadhan

Menurutnya, salah satu jalan yang ditempuh dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah meningkatkan minat baca di kalangan para pelajar, upaya ini tentunya akan lebih efektif jika dimulai sejak dini, pemberdayaan perpustakaan sekolah memiliki peran yang besar dalam membina, membiasakan dan memfasilitasi agar minat baca tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini dimana berbagai bahan pustaka dan dokumen serta informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui internet walaupun keakuratan dan validitas datanya terkadang tidak bisa dipertanggungjawabkan, hal ini menjadi tantangan yang berat bagi pengelola perpustakaan.

\”Untuk itu perpustakaan harus didesain sedemikian rupa agar para pemustaka mendapat layangan yang baik, sehingga perpustakaan tersebut menjadi arena yang bersahabat bagi para pengunjung, yang arahnya budaya minat baca bisa terbangun di lingkungan sekolah khususnya Sekolah Dasar,\” pintanya.

Baca Juga  Pemkab Tubaba Hibahkan Dua Kendaraan ke Kejari

Umar berpesan, para peserta pelatihan ini dapat mengikuti seluruh materi yang diberikan para narasumber dengan penuh keseriusan, dan bahkan sebaiknya para peserta dapat selalu pro-aktif dalam menggali ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh para narasumber. \”Sementara, kepada para narasumber pun saya berharap agar dapat memberikan ilmu yang dimiliki kepada para peserta dan juga dapat memberikan pemahaman, sehingga para peserta dapat menyerap materi dengan maksimal,\” harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kadis Perpustakaan, Kadis Pendidikan, Dinas Perpustakaan Provinsi Lampung, para pejabat eselon, Uspika Kecamatan, tamu undangan dan peserta pelatihan.(Taufik)

Berita Terkait

Tubaba Raih Dua Penghargaan Paritrana Award
HPN Tingkat Daerah, PWI Lampung Kunker ke PWI Tubaba
M Firsada Kembali Dikukuhkan Sebagai Pj Bupati Tubaba
Dinas PUPR Tubaba Perbaiki Ruas Jalan Daya Murni-Karta Raharja
Novriwan Jaya Dampingi KSP Moeldoko Tinjau Perkebunan Karet
Orang Dekat Jokowi Sambangi Umar Ahmad. Bicarakan Pilgub?
Novriwan Jaya Sambut KSP Moeldoko Tinjau Perkebunan Karet
DPD NasDem Tubaba Tetapkan Nama Bacabup-Bacawabup

Berita Terkait

Sabtu, 25 Mei 2024 - 22:20 WIB

Polemik Maskot Kera, Raja Sekala Brak Kepaksian Belunguh: Siapa yang berjuang, Orang Lain yang Jadi Pahlawan

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:41 WIB

Undang Kelompok Adat Berbeda, KPU Balam Dinilai Memecah Masyarakat

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:59 WIB

KPU Lampung Angkat Bicara Soal Polemik Maskot Kera Berkain Tapis

Rabu, 22 Mei 2024 - 18:48 WIB

Kemen PPPA, Aisyiyah dan YAICI Cegah Konsumsi Kental Manis Hindari Stunting

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:33 WIB

Bandarlampung Ajukan Kenaikan Tukin ASN

Selasa, 21 Mei 2024 - 21:20 WIB

Ketua DPRD Bandarlampung Wiyadi Maju Pilwakot

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Lecehkan Adat Lampung, Ketua KPU Balam Ditarget Bui

Selasa, 21 Mei 2024 - 18:39 WIB

Smart Home Powered by PLN Siap Sambut Pengunjung PRL

Berita Terbaru

Pesawaran

Gubernur Lampung Hadiri Pengajian Akbar Al-Hidayah di Kedondong

Senin, 27 Mei 2024 - 18:33 WIB

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Lili Mawarti, ketika diwawancarai. Foto: Arsip Luki.

Lampung

1.116 Petugas Disiapkan Untuk Sambut Idul Adha

Senin, 27 Mei 2024 - 16:20 WIB