oleh

Ngaben Massal akan Jadi Agenda Tahunan Pemkab Lamsel

Lampung Selatan (Netizenku.com): Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, menghadiri acara Ngaben Massal di Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan (Lamsel), Rabu (1/8).

Ratusan umat hindu meramaikan kegiatan religi tersebut. Ditemui saat acara, Nanang Ermanto mengatakan, ini bukan hanya upacara umat Hindu Bali, tetapi juga merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan.

Baca Juga  Arinal Serahkan Ribuan Unggas ke Poktan Lamsel

Kedepan, kata Nanang Ermanto, kegiatan Prita Yadna akan menjadi agenda pemerintah Kabupaten Lamsel, karena memiliki potensi besar di bidang pariwisata.

\”Tradisi ini merupakan warisan besar budaya bangsa,\” kata Nanang.

Kegiatan keagaman agama Hindu tersebut, banyak diikuti dari luar daerah Lampung, sehingga kedepan pemkabĀ  ikut campur dalam acara Ngaben Massal ini. \”Akan dimasukan kedalam agenda tahunan Pemkab Lamsel,\” katanya.

Baca Juga  Bachtiar Basri Apresiasi Penyelenggaraan Kontes Robot Terbang Indonesia di Lampung

Data diperoleh media ini, sebanyak 164 kerangka jenazah di kremasi dalam acara prita yadna atau ngaben massal di Desa Balinuraga. Kerangka jenazah yang akan di kremasi terdiri dari 56 ngelungah atau bayi dan 108 sawe atau orang dewasa.

Ngaben Massal yang secara rutin dilakukan masyarakat Hindu di Desa Balinuraga tidak hanya berasal dari desa setempat, banyak berasal dari luar daerah. Dilakukannya secara berasama kegiatan keagamaan umat Hindu tersebut, untuk meringankan beban biaya. (Eko)

Baca Juga  51 Anak Ikuti Khitanan Massal PT Suri Tani Pemuka Lampung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *