BERBAGI

Pesawaran (Netizenku.com): Guna pemantapan daftar pemilih dalam pemilu serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesawaran melakukan bimbingan teknik (Bimtek) terhadap ketua dan anggota PPK Divisi Datin dan operator Sidalih Kecamatan, di aula rumah makan 6 saudara Gedongtataan, Rabu (8/7).

Menurut ketua KPUD Pesawaran, Yatin Putro Sugino, kegiatan ini adalah Bimtek untuk pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih persiapan mencoklit pada pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 Desember mendatang.

“Yang kita undang pada bimtek ini adalah ketua PPK, yang membidangi data pemilih dan operator terkait dengan persiapan penjajakan penelitian data pemilih yang nanti akan kita lakukan pada 15 Juli -13 Agustus dengan pematerinya dari Disdukcapil dan KPU,” kata Yatin.

Diutarakannya, untuk capil sendiri terkait dengan data-data pemilih bila terjadi data ganda atau  orang yang sudah meninggal, nantinya perlu inputan dari mereka Disdukcapil. Sedangkan KPU sendiri, terkait dengan regulasi dan teknis dalam hal melakukan pencocokan data  yang nantinya akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Jadi untuk petugas PPDP kita rekrut dari warga setempat, bisa dari RT, kadus atau tokoh masyarakat yang memang memenuhi syarat, minimal 20 tahun maksimal 50 tahun,” jelasnya.

Kemudian lanjut Yatin, untuk jumlah PPDP yang akan bertugas tersebut itu ditentukan tergantung dari jumlah TPS yang ada.

“Sebelumnya TPS  berjumlah 925, sekarang karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang sedang berlangsung saat ini,  sesuai dengan PKPU itu ada penambahan 96 TPS  jadi total 1021 TPS, dengan jumlah pemilih per TPS maksimal hanya 500 pemilih. Kenapa kita kurangi, sebelumnya per TPS  bisa 800 namun, di pandemi ini maksimal hanya 500, ini kebijakan pusat berlakunya secara nasional,” ungkapnya. (Soheh/Len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here