BERBAGI

Pesawaran (Netizenku.com): Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, M. Nasir, meminta kepada pihak pemkab setempat, untuk rencana diskresi anggaran guna penanganan dan pencegahan virus Corona (Covid-19) di wilayah Andan Jejama harus direncanakan dengan benar dan matang. Jangan sampai malah dengan adanya wabah ini dana diskresi tersebut justru dijadikan ajang bancakan.

Pernyataan ini disampikan Nasir yang juga bakal calon bupati, usai dirinya bersama kader DPC PDIP melakukan baksos yang ke 12 kalinya di dua desa, yakni Desa Gunung Rejo dan Desa Mulyo Sari, Kecamatan Wayratai, Rabu (8/4).

“Sekarangkan kita lagi menyusun anggaran baik APBdes kalau di desa, APBD di Pemkab, anggaran diskresi ini itu tidak bisa diajukan berulang-ulang, harus direncanakan dulu semua dengan benar dan matang serta skala prioritas, yang selama ini disampaikan oleh berbagai pihak termasuk DPRD,” ujar Nasir.

Namun, persoalannya hingga saat ini pengajuan untuk anggaran diskresi tersebut belum diajukan ke pihak DPRD.

“Sampai hari ini belum kami terima, hanya kemarin ketua TPAD Sekda mengutus asisten III dan kabag keungan, hanya ngobrol diskusi. Nah, sekarang masih saya tunggu pengajuannya secara resmi, artinya rincian anggaran dan program mana yang ditata untuk diperuntukkan guna penanganan Covid-19,” ungkap Nasir.

Lebih lanjut, Nasir mengutarakan, untuk pengalihan anggaran ini, bisa didapat dari pos-pos anggaran rutin yang memang tidak dipakai, misalnya anggaran perjalanan dinas dan pembelian ATK.

“Sebenarnya banyak pos-pos anggaran yang memang bisa digeser untuk penanganan Covid-19 ini, banyak anggaran rutin yang diperkirakan tidak dipakai, misalnya perjalanan dinas, anggaran ATK, termasuk kegiatan yang memang tidak mungkin dilaksakan, kalau kita lihat bahwa virus ini juga masih terus meningkat artinya termasuk anggaran Pilkada juga bisa dialihkan untuk itu, karena kalau hitungan kita bisa dipastikan sulit melaksanakan Pilkada di tahun ini sebelum virus ini hilang,” ucapnya. (Soheh/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here