BERBAGI

Pesisir Barat (Netizenku.com): Penggiat Organisasi Masyarakat (Ormas) Kumpulan Masyarakat Pesisir Barat (Kumpar), menemukan aktivitas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 23-34509 Pekon Lintik, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), yang melakukan pengisian (cor-red) Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium ke jerigen.

Anggota Kumpar Suwandi mengatakan,  temuan terswbut ditemukan saat aktivitas pengecoran menggunakan kendaraan masih berlangsung. “Sangat jelas petugas operator melakukan pengisian premium ke jerigen yang disusun didekat mesin nossel,” jelasnya, Rabu (2/1).

Menurutnya, ketersediaan BBM jenis premium yang disiapakan pemerintah dengan cara subsidi itu untuk menyuplai kebutuhan masyarakat umum. “Namun justru yang terlihat saat ini, premium bisa diperoleh dalam jumlah besar oleh orang-orang yang memiliki modal besar,” tegasnya dengan kecewa.

Karenanya, pihaknya meminta aparat penegak hukum segera melakukan langkah-langkah penindakan sebagai bentuk tindaklanjut dari informasi pengecoran BBM jenis premium ke jerigen tersebut. ”

“Perlu ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum terkait agar kedepan tidak ada lagi praktik demikian,” pungkasnya.

“Selain itu perlunya penindakan tersebut agar kedepan masyarakat kecil yang yang perekonomiannya tergolong menengah kebawah, tidak lagi kesulitan memperoleh premium di SPBU seperti yang dialami sebelumnya,” tumbahnya.

Dikonfirmasi terpisah melalui sambungan ponsel, Pengawas SPBU 23-34509 Pekon Lintik, Suwono, tak menampik informasi pengisian BBM jenis premium ke jerigen tersebut. “Memang ada pengisian BBM jenis premium ke jerigen,” aku Suwono.

Suwono berkilah bahwa pengisian ke jerigen peruntukkannya ke kelompok nelayan, koperasi, dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang sudah mendapat rekomendasi dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan (Diskop UKM Indag) dan Dinas Perikanan setempat.

“Ada empat yang memiliki rekomendasi dimaksud yakni Koperasi Pos Konsumen Bintang Seroja yang diatasnamai oleh Miswandi Hasan, Koperasi Labuhanjukung yang diatasnamai Syahrial, Koperasi Pasar Mulia yang diatasnamai oleh Tamsir, dan KUBE. Mina Makmur Lestari yang diatasnamai oleh Zubir,” kilah Suwono merincikan. (agus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here